Siap Memberikan Teladan Ramah Lingkungan

Oleh: Pangeran Lingkungan Hidup 2010 Nelson Edo

Momen triple ten atau 3 angka 10, yaitu tanggal 10 bulan Oktober (10) tahun 2010 (10) menjadi momen yang spesial bagi saya. Setelah berjuang hampir 3 bulan dan itu dilakukan setiap minggu, akhirnya perjuangan saya, keluarga, guru dan teman–teman sekolah saya membuahkan hasil. Saya dinobatkan menjadi pangeran lingkungan hidup 2010. Saya juga dinobatkan sebagai pemenang kategori proyek lingkungan hidup terbaik dan peserta debat terbaik pada Penganugerahan Pangeran Dan Puteri Lingkungan Hidup 2010 yang digelar oleh Tunas Hijau.

Tidak mudah memang meraihnya. Sudah pasti harus melewati tahapan demi tahapan hingga penentuan pemenang. Yakni tahapan I adalah presentasi proyek ingkungan hidup. Tahapan II adalah debat lingkungan hidup. Tahapan III adalah pembuatan media kampanye proyek lingkungan hidup. Tahapan IV adalah karantina dan pelatihan 3 hari finalis pangeran dan puteri lingkungan hidup. Sedangkan tahapan terakhir adalah grand final pangeran dan puteri lingkungan hidup.

Pada awalnya sempat ada perasaan khawatir bahwa saya tidak lolos dari tahapan I, karena saya hanya punya waktu 2 hari mempersiapkan proyek lingkungan hidup saya. Namun, saya hanya berusaha tampil maksimal saat mengikuti tahapan yang ada. Hingga pada tahapan terakhir saya mampu melaluinya dengan baik. Namun hingga saat ini saya masih tidak percaya bahwa saya satu–satunya finalis yang membawa gelar paling banyak.

Tidak mudah bagi saya mengemban gelar Pangeran Lingkungan Hidup 2010, karena saya harus menjadi teladan bagi teman–teman saya di sekolah, di rumah dan di sekitar saya. Namun saya percaya bahwa saya mampu untuk melakukan hal itu, karena saya sudah terbiasa melakukan beberapa aktivitas yang ramah lingkungan hidup seperti mengolah sampah, memilah sampah dan hemat listrik. Saya juga bakal mulai terlibat aktif dalam setiap kegiatan yang digelar oleh kakak-kakak di Tunas Hijau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.