Salsabila Zeta Zain, Pejuang Pengumpul Barang Bekas Untuk Trash To Cash For Merapi

Perjuangan Salsabila Zeta Zain untuk mengumpulkan sampah yang memiliki nilai jual, khususnya Koran bekas, untuk dikumpulkan di posko ‘Trash To Cash For Merapi And Mentawai’ selayaknya bisa menjadi tauladan bagi anak-anak seusianya. Meskipun masih duduk dibangku sekolah kelas IV SD Al Muslim Wadungasri Sidoarjo, namun Salsa dibantu dengan orang tuanya berhasil mengumpulkan 54 kilogram koran bekas yang berasal dari tetangga Salsa di Perumahan Delta Sari Sidoarjo.

54 kilogram koran bekas memang bukan jumlah yang begitu besar, namun semangat untuk mendatangi rumah satu persatu tetangga bagi siswa sekolah dasar kelas IV bukanlah perkara mudah. Kadangkala perasaan takut dan malas seringkali menjadi batasan bagi anak seusia Salsabila untuk melakukan hal tersebut. “Awalnya memang takut, tapi setelah 3 rumah aku datangi dan semuanya memberikan koran bekasnya, rasa takut itu hilang. Yang muncul adalah perasaan senang, karena jumlah korannya semakin banyak,” ujar Salsa di sela-sela pelaksanaan Trash To Cash For Merapi di Taman Flora Bratang Surabaya, Minggu (7/11).

Awalnya Salsa memang tidak punya rencana untuk mengumpulkan sampah yang memiliki nilai jual dari tetangganya. Namun melihat jumlah sampah yang berhasil didapat dari rumahnya sendiri masih terlalu sedikit, akhirnya Salsa memutuskan untuk meminta sumbangan sampah yang bisa dijual dari tetangganya. Rencana tersebut ternyata mendapat dukungan dari kedua orang tua Salsa. “Akhirnya saya dibantu mama mengelilingi komplek perumahan untuk meminta bantuan koran atau barang bekas lainnya yang bisa dijual,” ujarnya.

Meskipun jumlah sampah yang dikumpulkan apabila dinominalkan tidak terlalu besar, namun setidaknya Salsa dan keluarganya sudah membutikkan bahwa membantu koraban bencana bisa dilakukan dengan cara apapun dan dalam bentuk apapun. Hanya dibutuhkan keikhlasan dalam melakukan hal itu. “Dengan mengumpulkan sampah yang bisa dijual, kita bisa menyelamatkan lingkungan hidup dan juga membantu meringankan beban para korban bencana di Merapi,” ungkap Salsabila dengan bangga. (black/ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.