SDN Kaliasin I Kumpulkan Sampah Kertas Dan Kardus Untuk Trash To Cash For Merapi

Surabaya- Bel istirahat kedua berbunyi nyaring di SDN Kaliasin I Surabaya. Sejurus kemudian ratusan siswa SDN Kaliasin I keluar dari kelas masing-masing. Ada pemandangan menarik yang terlihat saat istirahat itu, Kamis (4/11). Beberapa siswa terlihat membawa koran bekas dan kardus yang diletakkan menjadi satu di ruang guru SDN Kaliasin I Surabaya. Koran dan kardus bekas tersebut merupakan sumbangan dari siswa SDN Kaliasin I Surabaya untuk program Trash To Cash for Merapi And Mentawai yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau Surabaya.

Bukan hanya siswa saja yang terlihat antusias membawa kardus dan koran bekas. Guru-guru SDN Kaliasin I Surabaya juga terlihat bersemangat saat menata bantuan sampah yang memiliki nilai jual tersebut. Terhitung sekitar 50 kardus bekas dan puluhan kilogram koran bekas yang berhasil dikumpulkan oleh SDN Kaliasin I Surabaya. “Ini bagian dari rasa kepedulian kami terhadap lingkungan hidup dan juga korban bencana di Merapi dan Mentawai,” ujar Tri Wahyuningtyas guru bahasa Inggris SDN Kaliasin I Surabaya.

Sebenarnya, lanjut guru SDN Kaliasin I Mom Tri, sapaan Tri Wahyuningtyas, anak-anak mau jika diajak untuk menyisihkan sisa uang jajan mereka untuk disumbangkan, namun program Trash To Cash for Merapi And Mentawailebih memberikan dampak yang bagus terutama untuk kepedulian siswa terhadap lingkungan hidup. “Dari program ini, anak-anak jadi tahu bahwa sampah yang biasanya sudah tidak lagi digunakan masih bisa bermanfaat untuk orang lain dan bernilai jual,” ujar Tri Wahyuningtyas yang spesialis pelajaran bahasa Inggris itu.

Menurut Tunas Hijau, programTrash To Cash For Merapi dan Mentawai yang tahap pertama digelar Minggu, 7 Nopember 2010 pukul 07.00–16.00 Wib di Taman Flora Bratang Surabaya bukan menitikberatkan pada penjualan sampah saja, melainkan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa dengan mengumpulkan sampah kita bisa berbuat baik, bukan hanya terhadap sesama melainkan juga kepada lingkungan hidup. Selain itu, tujuan dari aksi ini juga memberikan cara baru dalam hal menggalang dana untuk korban bencana. (black)