SDN Perak Barat dan SDN Petemon 13 Bersiap Dengan Sekolah Mitra Dari Jepang

Surabaya- Paket amplop coklat besar berukuran 60×40 terlihat di meja kepala SDN Petemon 13 Surabaya. Sudah beberapa hari sejak diterima, amplop itu belum dibuka. Ternyata amplop tersebut merupakan kiriman dari Kanazawa Fuzoku elementary school, sekolah mitra SDN Petemon 13 Surabaya yang berasal dari Jepang. Isi amplop tersebut adalah mini diary dan CD perkenalan dari Kanazawa Fuzoku elementary school telah diterima oleh tim mural dan lingkungan hidup SDN Petemon 13 Surabaya, Kamis (25/11) pagi. Mereka tampak senang ketika membuka isi paket tersebut.

Sesaat setelah membuka isi paket tersebut, Sulastri guru tim lingkungan hidup SDN Petemon 13  bersama tim mural dan lingkungan hidup melihat isi CD kiriman dari Kanazawa Fuzokuelementary school. Mereka tampak senang ketika CD tersebut diputarkan. “Aku palingkoyok ngono yo lek perkenalan diri (aku paling seperti itu ya kalau perkenalan diri),” ucap Sari, anggota tim mural dan lingkungan hidup SDN Petemon 13 Surabaya, sambil tertawa bersama teman-temannya.

Setelah melihat CD kiriman dari Jepang, mereka segera menuju ruang lingkungan hidup yang berada di lantai 2 sekolah mereka. Dalam pertemuan dengan tim mural dan lingkungan hidup ini, mereka membahas tentang sketsa gambar yang akan mereka tunjukkan kepada sekolah mitra di Jepang. “Intinya tentang ideal dan realita,” ucap Akbar Wahyudono, aktivis Tunas Hijau yang mendampingi tim mural Petemon 13 .

Berbagai argumen tentang ide gambar dilontarkan setiap siswa. Vian, salah satu anggota yang tergabung dalam tim mural dan lingkungan hidup mengusulkan agar mereka membuat karya seperti komik. “Pembahasannya seperti apa yang dicontohkan oleh Nakayama (guru Kanazawa Fuzoku elementary school ) melalui email,” ungkap Vian. Usul Vian tersebut disetujui oleh teman-temannya. Tidak lama setelah itu mereka mulai mengerjakannnya, “Rencananya Sabtu besok (27/11) kami akan melakukan finishing gambar di sekolah,” ungkap Sari.

Tidak hanya SDN Petemon 13 Surabaya, sekolah dasar yang berada di Jalan Tanjung Torawitan Surabaya Utara, SDN Perak Barat juga mempersiapkan diri untuk melakukanvideo conference dengan Sakaimachi elementary school, Jum’at pagi (26/11), esok hari. Pada persiapan hari ini, mereka telah mempelajari materi presentasi tentang kebudayaan Indonesia dengan menggunakan bahasa Inggris. “Murid-murid saya rasa sudah siap semua, dan materi yang kami sampaikan nanti yaitu tentang kebudayaan,” ungkap Yulianto, koordinator mural dan lingkungan hidup SDN Perak Barat Kawasan. (akbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.