Green Force SMP Negeri 1 Malang Menanam 500 Benih Sawi di Sekolah

Malang– Dua puluh siswa yang tergabung dalam tim lingkungan hidup SMP Negeri 1 Kota Malang atau yang biasa di sebut Green Force menanam 500 benih tanaman pertanian di sekolah, Sabtu (4/12). Sawi menjadi jenis tanaman pertanian yang ditanam kali ini di lahan yang tergolong sempit di sekolah yang berlokasi di Jalan Lawu 12 kota Malang.

Tim Green Force menggunakan mediapolybag untuk menanam benih sawi itu. Dimulai dengan menyiapkan lahan dan dilanjutkan mencampur tanah dengan pupuk kompos. Beberapa siswa yang lain mempersiapkan polybag dan melubangi beberapa sisi untuk sirkulasi air. Setiap polybag-nya diisi sekitar 5-6 benih sawi. Proses berlangsung lancar karena sebelumnya sudah diberi arahan oleh Nizam Wahyu Ardhika, aktivis Tunas Hijau sekaligus pembina Green Force SMP Negeri 1 kota Malang.

Seusai penanaman, penyiraman dilakukan ke seluruh benih yang ditanam. Setiap siswa diberi kesempatan melakukan penanaman mulai tahap awal sampai akhir yaitu penyiraman. Sementara itu, alasan pemilihan tanaman sawi adalah masa tanam yang tidak membutuhkan waktu lama. Yaitu, sekitar 6-8 minggu, sawi sudah dapat dipanen. Berikutnya, tanaman pertanian jenis lainnya seperti terong, cabe dan kangkung akan ditanam dengan cara yang sama.

Pertanian sawi di sekolah ini memang baru pertama kali dilakukan oleh siswa SMP Negeri 1 kota Malang, khususnya tim green force. Selain menjadi salah satu progam kerja tim Green Force, pertanian sekolah ini juga menjadi sarana pembelajaran ketika pelajaran pengetahuan alam. (nizam/ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.