Penilaian Praktek Ekstra LH SDK Santa Theresia I

Surabaya- Suasana tegang terlihat pada raut wajah para siswa Sekolah Adiwiyata Nasional Mandiri SDK Santa Theresia 1 Surabaya yang mengikuti ekstra lingkungan hidup, Sabtu (4/12). Ternyata, pada pagi hari ini mereka akan melaksanakan ujian kecakapan untuk pendidikan lingkungan hidup yang selama ini mereka dapatkan. Terdapat 3 materi ujian yang akan dipraktekkan oleh para siswa sekolah yang berlokasi di Jalan Residen Sudirman 5 Surabaya itu.

Pada praktek pembuatan kertas, sedikitnya 15 siswa mengikuti ujian ini. Sebelum melakukan praktikum, terlebih dahulu para siswa ini mendapatkan penjelasan tentang kompetensi dasar yang ditetapkan pada praktikum ini. ”Proses pembuatan hingga proses pencetakan kertas baru akan saya nilai,” ujar aktivis Tunas Hijau Akbar Wahyudono. Setelah mendapatkan penjelasan, mereka segera melakukan praktikum. “Puji Tuhan, saya dapat menuntaskan ujian ini dengan baik, “ ujar Sherryl, salah seorang siswa.

Di lokasi yang tak jauh dari proses pembuatan kertas, terlihat 10 siswa sedang membawa beberapa tangkai tanaman untuk penampilan drama. Tema yang diangkat pada penampilan ini tentang perilaku manusia terhadap alam. Alasan mereka memilih tema ini karena mereka prihatin terhadap ulah manusia terhadap alam. Misalnya, hutan di Indonesia banyak yang hilang akibat penebangan secara liar. “Banjir, banjir, banjir,” teriak Maureen, salah seorang siswa ketika memeragakan salah satu adegan akibat hutan yang gundul.

Di tempat yang lain, terdapat 8 siswa yang mengikuti ujian praktek pembuatan kompos. Satu persatu siswa memberikan penjelasan fungsi dan mempraktekan proses pembuatan kompos dari awal hingga akhir. “Sekam padi yang terdapat pada komposter keranjang ini berfungsi sebagai penyerap bau yang dihasilkan oleh sampah organik,” ujar Della, salah seorang siswa. Di akhir praktikum, Hans, siswa kelas V mampu menjadi satu-satunya siswa yang mendapatkan nilai terbaik pada praktek pembuatan kompos. (akbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.