Ajak Siswa Benahi Sarana Dan Prasarana Lingkungan Di Sekolah

Sidoarjo- Bak seorang petugas kebersihan sekolah, puluhan siswa SD Al Muslim Wadung Asri Sidoarjo melakukan razia terhadap sarana dan prasarana sekolah yang berkaitan dengan lingkungan, Kamis (6/1). Razia yang dimaksudkan bukan untuk menghancurkan sarana dan prasarana tersebut, melainkan untuk memfungsikannya lagi sebagaimana mestinya. Dipandu oleh aktivis Tunas Hijau, puluhan siswa pembinaan lingkungan yang tergabung dalam Green School SD Al Muslim Wadung Asri menyusuri seluruh wilayah sekolah yang terdiri dari TK, SD dan SMP tersebut.

Pada pembinaan kali ini, anggota Green School tersebut juga diajak mengenal fungsi dari barang-barang yang mereka temukan tersebut. Kebanyakan warga sekolah tidak tahu fungsi dari barang-barang tersebut, padahal fungsi barang-barang tersebut sangat penting untuk menjaga kebersihan wilayah sekolah. Diantaranya adalah tempat sampah dan komposter yang ada di sekolah. “Banyak yang tidak tahu fungsinya, sehingga kondisinya seperti ini tidak terurus,” jelas Kevin aktivis Tunas Hijau.

Terlihat beberapa tempat sampah terpilah yang ada di sekolah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Banyak sampah yang dibuang secara sembarangan tanpa tidak melihat jenisnya, sampah daun, sisa makanan masuk ke tempat sampah jenis sampah kering, sedangkan banyak juga sampah plastik yang masuk ke tempat sampah basah. “Kalau seperti ini bagaimana bisa mengolah sampah, padahal sebelum mengolah kita harus memilahnya terlebih dahulu,” ujar Kevin.

Bagas, salah satu anggota Green School SD Al Muslim Wadung Asri menuturkan bahwa membenahi sarana dan prasarana sangat menyenangkan, selain bisa belajar pemilahan sampah siswa juga diajak untu mengolah sampah yang dihasilkan sekolah. Acara diakhiri dengan membuat komitmen bersama untuk memanfaatkan barang secara maksimal sehinga barang tersebut lebih berharga dibandingkan bila barang tersebut tidak terurus dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.