Eco Student of the Week SMP YPJ KK Minggu Pertama Terpilih

Mimika- Bertempat di aula belakang SMP YPJ Kuala Kencana, Jumat (28/1) siang,diadakan pemilihan Eco Student of the Week untuk minggu pertama. Telah berkumpul 24 kandidat yang berasal dari kelas 7 dan 8. Mereka terpilih sebagai kandidat berdasarkan testimoni dan rekomendasi teman sekelasnya. Sebelumnya Tunas Hijau telah melakukan wawancara dengan semua ketua kelas tentang siapa saja teman sekelas mereka yang selama ini peduli lingkungan hidup dalam kehidupan sehari-harinya.

Kebiasaan peduli itu diamati tentang sampah, yaitu kebiasaan membuang sampah sembarangan serta memunguti sampah yang berceceran. Kemudian diperkuat dengan penilaian dari guru PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) Rudolf Pigay tentang perilaku mereka saat pelajaran PLH.  Dalam pemilihan EcoStudent of the Week ini, para kandidat diuji tentang keramahan kebiasaan mereka terhadap lingkunganhidup. Bukan pengetahuan mereka tentang lingkungan hidup. Uniknya proses uji kebiasaan tersebut dikemas dalam bentuk permainan lingkungan hidup ala Tunas Hijau untuk membuktikan kebiasaannya membuang sampah sehari-hari.

Dengan dipandu oleh aktivis senior Tunas HIjau, Dony Kristiawan, para kandidat diajak bergembira  dengan beberapa permainan lingkungan hidup. Di saat mereka tengah menikmati permainan, diselipkan tes uji kebiasaan membuang sampah Tunas Hijau. Tanpa sadar beberapa orang membuang sampah sembarangan. Dari permainan itu bisa dinilai sejauh mana kebiasaan membuang sampah telah mengakar dalam dirinya.

Akhirnya  terpilih 7 orang anak penerima Eco Student of the Week di minggu pertama ini. Ketujuh anak tersebut adalah Teguh Bagas Putra, Cahya Amalia Permatasari, Carolina Angelica, Dandy Andikarama Hamdani, Jabir Amanitama Alkatiri, Vanessa Relya dan Walid bin Khalid. Ketujuh anak kelas 7 dan 8 tersebut terpilih bukan hanya berdasarkan kebiasaan membuang sampah yang telah mengakar di dirinya. Mereka juga berperan aktif dalam kegiatan lingkungan hidup. Mereka juga turut andil padatersusunnya ikrar peduli lingkungan hidup di SMP YPJ Kuala Kencana yang baru.

Dengan terpilihnya ketujuh orang tersebut sebagai Eco Student of the Week di minggu pertama, diharapkan dapat memacu siswa lain mengikuti jejak untuk peduli kepada lingkungan hidup. Nantinya para penerima Eco Student of the Week harus memotivasi teman-temannya setiap hari untuk mempunyai kebiasaan ramah lingkungan. Kedepan setiap bulannya juga akan dipilih Eco Student of the Month yang berasal dari para siswa yang telah menjadi Eco Student of the Week(dony)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.