Pembinaan Perangkat Kelas 7 Dan Kelas 8

Mimika- Seluruh perangkat  kelas 7 dan 8 nampak berkumpul di salah satu ruang kelas SMP Yayasan Pendidikan Jayawijaya Kuala Kencana (YPJ KK), Rabu (26/1), sepulang sekolah. Mereka dikumpulkan Tunas Hijau untuk pembinaan lingkungan hidup khususnya tentang program baru yang akan dilaksanakan di sekolah yang tahun 2010 mendapat penghargaan dari Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Lingkungan Hidup sebagai sekolah berbudaya lingkungan hidup nasional.

Program yang akan dijalankan ini merupakan program yang bertujuan menanamkan kebiasaan ramah lingkungan kepada para siswa SMP YPJ KK. Dengan penghargaan  khususyang disediakan, para siswa akan diajak peduli lingkungan hidup dengan rasa bangga dalam kehidupan sehari-hari.

Penjelasan tentang program tersebut dipandu oleh Dony Kristiawan, aktivis senior Tunas Hijau. Program yang akan dihelat tersebut adalah program Kelas Bersih dan Kotor, Satu Jiwa SatuTanaman dan Eco Student. Disampaikan kepada para perangkat kelas bahwa ketiga program itu akan saling berkaitan satu sama lain. Pertama-tama setiap siswa diharuskan membawaminimal satu tanaman untukdipelihara di Green House atauNursery dan koridor kelas. Tanaman yang telah dibawa menjadi tanggung jawab masing-masing orang untuk merawatnya. Setiap minggunya tanaman itu akan dinilai oleh guru PLH (pendidikan lingkungan hidup).

Untuk program Kelas Bersih dan Kotor merupakan semacam penganugerahan kepada setiap kelas. Bedanya disini setiap dwi mingguan akan diberikan bendera hijau atau hitam kepada setiap kelas berdasarkan perilaku sehari-hari para siswa kelas tersebut. Bendera hijau menandakan kelas dengan perilaku bersih, sedangkan bendera hitam sebaliknya. Kedua program diatas merupakan syarat utama setiap anak untuk menjadi kandidat Eco StudentEco Student sendiri merupakan penghargaan bagi siswa yang mempunyai komitmen kuat pelestarian lingkungan serta memiliki kebiasaan ramah lingkungan dalam kesehariannya.

Penghargaan Eco Student ini merupakan penghargaan berjenjang, karena nantinya akan dipilih dalam durasi waktu minggu, bulan dan tahun. Setiap siswa terlebih dahulu diperbolehkan menjadi kandidat penerima Eco Student of the Week jika telah merawat tanamannya serta kelasnya tidak mendapatkan bendera hitam. Setelah menjadi kandidat nantinya mereka akan dipilih berdasarkan kesehariannya disekolah khususnya kebiasaan tentang sampah.

Semua program itu akan dimulai Februari 2011. Khusus untuk Eco Student of the Week akan diawali minggu ini. Pemilihan Eco Student of the Week yang pertama ini akan dipilih siswa berdasarkan perilaku mereka dalam membuang sampah dan peran aktifnya dalam kegiatan lingkungan hidup.(dony)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.