Sambut Dubes AS, Ajari Siswa Membuat Minuman Tradisional Sehat Dan Berkhasiat

Surabaya- Sudah banyak yang tahu bagaimana rasanya jamu atau minuman tradisional seperti sinom dan beras kencur. Namun tidak banyak yang tahu bahwa jamu atau minuman tradisional tersebut bila dicampur dengan buah-buahan segar yang kaya akan vitamin menjadikan minuman tradisional tersebut lebih nikmat. Setidaknya hal itulah yang disampaikan oleh Jane Ester, aktivis Tunas Hijau di depan puluhan siswa SD se Kecamatan Tandes, saat menggelar workshop pemanfaatan tanaman berkhasiat obat di SMP Negeri 26 Surabaya, Rabu (26/1).

Workshop pemanfaatan tanaman berkhasiat obat tersebut merupakan rangkaian kegiatan lingkungan hidup yang digelar oleh Tunas Hijau dalam rangka kunjungan kerja Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia di SMP Negeri 26 Surabaya. Di depansekitar 100 siswa SD se Kecamatan Tandes, Ester sapaan akrab Jane Ester mendemonstrasikan pembuatan jamuSinom Fruitpunch dan Beras KencurFruitpunch. “Jamu ini bisa dikatakan satu-satunya jamu yang dicampur dengan buah-buah segar kaya vitamin,” ujar Ester yang juga anggota Paguyuban Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2005.

Menurut Ester, ide untuk membuat jamu dengan campuran buah-buahan segar adalah saat dia mengikuti program penganugerahan pangeran dan puteri lingkungan hidup tahun 2005 yang digelar oleh Tunas Hijau. “Saat itu, banyak peserta yang membuat proyek lingkungan berupa mengolah tanaman obat keluarga menjadi jamu, akhirnya saya mencoba karya lain yakni jamu rasa buah,” kenang Ester.

Pada workshop tersebut, Ester tidak hanya mencampur sinom dan beras kencur dengan buah-buahan saja, melainkan juga mencampurinya dengan kopi. Jamu tersebut diberi nama SinomCoffee Blend dan Beras Kencur Coffee Blend. Menurut Ester, setiap kali ada orang yang mencoba jamu karyanya pasti orang tersebut ingin mencoba lagi.“Mungkin rasanya unik. Selain itu manfaatnya juga besar,” ujar Ester. “Rasanya enak, berbeda dengan jamu yang dijual pedagang asongan,” ujar Winda peserta workshop pemanfaatan tanaman berkhasiat obat. (black)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.