Bangga Bisa Mewujudkan Sekolah Lebih Ramah Lingkungan

Oleh: Runner up I Pangeran Lingkungan Hidup 2009 Malang Raya Aldian Muhammad Ramadhan

Pengalaman lingkungan hidup yang paling membuat saya bangga adalah terwujudnya sekolah, SMP Negeri 3 Kota Malang, yang lebih bersih. Sekolahku kini sangat lebih bersih dan hijau dari kondisi sekolahku saat awal sebagai siswa baru. Sekarang sudah banyak tanaman, sudah banyak pot tanaman, kantinnya bersih dan makanan yang dijual juga hampir semuanya memenuhi syarat kesehatan. Saya juga semakin mengerti lingkungan hidup dan cara mengajak teman-teman untuk tidak membuang sampah sembarangan. Semua itu berawal dari keikutsertaan saya sebagai anggota paguyuban pangeran dan puteri lingkungan hidup Kota Malang.

Selama hampir dua tahun di sekolah ini, ada perbedaan yang sangat terasa. Diantaranya kondisi di depan masing-masing kelas yang sangat berubah lebih baik. Tentang kantin sekolah, dulu pas masih awal menjadi siswa baru, kondisi kantin sekolah sangat jorok banget. Alasannya, kantin sekolah itu berada di atas selokan yang terbuka. Kondisi ini membuat makanan dan minuman yang dijual menjadi tidak nyaman untuk dinikmati. Sekarang, kantinnya sudah menjadi bagus, teduh, nyaman dan terasa teduh karena banyak tanamannya.

Tanaman dan pepohonan pelindung di lapangan sekolah juga lebih banyak. Sehingga terkesan teduh. Sedangkan sebelumnya, kami enggan bila harus melewati lapangan sekolah saat siang hari, karena terasa panas dan menyilaukan. Terlebih, di sekitar lapangan juga banyak tanaman berbunga, yang saat berbunga membuat pandangan mata yang melihatnya menjadi adem. Namun, jumlah tanaman hias dan pepohonan pelindung di sekolah memang masih memungkinkan untuk ditambah agar terasa lebih teduh.

Yang pasti, pengalaman mengikuti Penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2009 Malang Raya banyak memberikan bekal kepada saya. Tidak hanya yang berhubungan dengan isu lingkungan hidup, tetapi juga public speaking dan kepemimpinan. Saya sangat merasakan manfaatnya saat mengikuti lomba Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Waktu itu, saya menjadi anggota kelompok kerja PSN. Saya jadi lumayan lebih tahu daripada teman-teman dalam banyak hal, karena sebelumnya sudah banyak diajari Kakak-Kakak Tunas Hijau saat dan sesudah penganugerahan. (nizam/ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.