Sekilas Kebun Raya Purwodadi, Lokasi Kemah Hijau Jawa Timur 2011

Belajar secara langsung di alam terbuka dan merasakan suasana tinggal di dalamnya, itulah Kemah Hijau Jawa Timur 2011. Suasana alam yang asri akan memberikan kesan yang mendalam bagi setiap peserta yang mengikutinya. Berbagi pengalaman tentang pengelolaan lingkungan hidup di sekolah masing-masing pun terasa lebih bermakna, karena tidak setiap hari bisa mereka bisa menyatu dengan alam seperti di Kemah Hijau 2011. Setelah di dua edisi sebelumnya bertempat di Arboretum Bumiaji, kota Batu dan Bendungan Selorejo, kabupaten Malang, tahun ini kembali peserta akan diajak menikmati indahnya pesona alam diwilayah Jawa Timur.

Dengan mengambil tema pelaksanaan “Hutan Penyangga Kehidupan”, peserta Kemah Hijau Jawa Timur 2011 akan diajak belajar tentang hutan dan manfaatnya di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan. Tema yang juga menjadi tema dunia dalam peringatan hari lingkungan hidup sedunia (World Environment Day) tahun ini mengandung pesan penting bagaimana kita harus melestarikan hutan. Di tengah ancaman perubahan iklim yang terus menghantui umat manusia karena pemanasan global, hutan mempunyai peranan sangat penting dalam mengatasi permasalahan global tersebut. Hutan menjadi sangat vital artinya karena kemampuannya menyerap emisi gas karbon, salah satu gas rumah kaca terbesar penyebab global warming.

Kebun Raya Purwodadi dipilih sebagai venue Kemah Hijau Jatim 2011 karena satu-satunya tempat penelitian terbesar tentang tanaman di wilayah Jawa Timur. Dengan luas yang mencapai 85 hektar, Kebun Raya Purwodadi memiliki 10.000 jenis tumbuhan. Di bawah pengelolaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), kebun ini merupakan pusat konservasi dan penelitian tumbuhan iklim kering di daerah tropis.

Berbagai jenis tanaman dapat kita jumpai di Kebun Raya Purwodadi Pasuruan ini, bahkan beberapa diantaranya merupakan koleksi tanaman langka. Mulai dari jenis anggrek, polong-polongan, bambu, paku, palem dan tanaman obat-obatan dapat kita jumpai di kebun raya yang berlokasi tidak jauh dari Lawang, Kabupaten Malang ini. Keanekaragaman hayati yang berada di lokasi Kemah Hijau 2011 ini merupakan bukti betapa Indonesia memiliki pesona eksotis dalam pesona alamnya.

Nantinya peserta Kemah Hijau Jatim dengan dipandu oleh para aktivis lingkungan hidup dari Tunas Hijau untuk mengenali berbagai macam koleksi tanaman yang ada. Tentunya hal ini merupakan kesempatan besar untuk melihat dan mengetahui proses pertumbuhan ribuan jenis tanaman yang menjadi kekayaan alam nusantara. Pengalaman bermalam di tengah ribuan jenis tanaman akan semakin meninggalkan kesan mendalam dengan berbagai aktifitas lingkungan hidup yang telah disiapkan oleh BLH Jatim dan Tunas Hijau selaku panitia. (dony)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.