Peringati Hari Bumi, Pelita Jaya School Gelar Bazar Unik

Surabaya- Hari Bumi (Earth Day) yang diperingati setiap 22 April, dimaknai dengan beragam cara oleh banyak kalangan. Diantaranya menggelar kegiatan menarik untuk mengajak sebanyak mungkin orang peduli pada kelestarian lingkungan seperti yang dilakukan oleh  Play Group dan TK Pelita Jaya School

Bekerja sama dengan Tunas Hijau Indonesia, Pelita Jaya School akan menggelar bazar permainan peduli lingkungan hidup yang akan digelar pada hari Rabu, 25 April 2012 di Pelita Jaya School Jl. Dharmahusada Indah Utara-125 Surabaya

Bazar permainan peduli lingkungan hidup yang akan digelar ini diperuntukkan khusus bagi PG dan TK dimana akan digelar delapan stand permainan-permaian edukatif untuk melatih kepedulian anak-anak terhadap pelestarian lingkungan. Beragam permainan edukatif yang akan digelar antara lain permainan Pantaiku Bersih Pantaiku Indah, permainan Buanglah Sampah Pada Tempatnya, permainan Sungai bersih, permainan Tas Belanja Ramah Lingkungan dan permainan Puzzle Sayangi Bumi Kita. Yang menarik, ide dan pelaksana  keseluruhan permainan-permainan ini dilakukan oleh orang tua siswa.

Pelaksanaan bazar permainan lingkungan hidup ini menjadi semakin menarik dengan digunakannya sampah bernilai ekonomis seperti botol plastik bekas, kardus, buku bekas, koran bekas dan lain-lainnya sebagai penukar kupon Bazaar. Seperti kegiatan bazar pada umumnya, agar setiap anak dapat bermain di stand permainan yang diinginkan, mereka harus mempunyai kupon yang dapat diperoleh dengan menukarkan sampah bernilai ekonomis yang dibawa dari rumah masing-masing.

“Semakin banyak sampah bernilai ekonomis yang dibawa, semakin banyak juga sampah kupon yang diperoleh,” ujar Ayleen Regina, salah satu guru pengajar play group. Ayleen Regina menambahkan bahwa jika orang tua anak-anak Play Group dan TK juga memiliki sampah bernilai ekonomis dalam jumlah besar, mereka dapat mendonasikan pada kegiatan bazar ini. Rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang upaya-upaya sederhana yang dapat dilakukan anak-anak untuk menyelamatkan bumi sejak usia dini.

Keseluruhan sampah bernilai ekonomis yang terakumulasi akan dijual oleh perwakilan anak-anak, orang tua dan guru. Keseluruhan hasil penjualan akan didonasikan kepada Tunas Hijau Indonesia sebagai salah satu wujud dukungan terhadap aktifititas pelestarian lingkungan hidup.

Pelaksanaan kegiatan bazaar permainan lingkungan hidup ini menjadi semakin menarik dengan berbagai kegiatan pendukung yang digelar oleh Tunas Hijau. Diantaranya adalah dengan gelaran permaian ular tangga lingkungan Hidup berukuran raksasa dan permainan edukatif lingkungan hidup Aku Cinta Bersih. Selain itu, anak-anak Play Group dan TK juga akan diajak untuk mengenal cara-cara sederhana untuk menyelamatkan hutan, yaitu dengan praktek pembuatan kertas daur ulang berbahan dasar kertas bekas. (geng)