Kompetisi Lubang Resapan Tim Putra Dan Tim Putri SDN Kebonsari I

Surabaya- Antusiasme tinggi ditunjukkan warga SDN Kebonsari I saat pembinaan lingkungan hidup untuk Gerakan Sejuta Lubang Resapan oleh Tunas Hijau, Rabu (2/5).  Mereka mengikuti dengan baik penjelasan tim Tunas Hijau tentang pembuatan lubang resapan (biopori) di luar ruangan. Seakan tak mau kalah dengan sekolah yang lain, mereka juga menjaga rasa ingin tahu mereka.

Tim putra SDN Kebonsari I sedang membuat lubang resapan

Banyak pertanyaan yang mereka ajukan tentang pentingnya lubang resapan tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh Sukma Mulyaning Angkasa, siswa kelas 5, yang betanya tentang pentingnya lubang resapan tersebut. “Saya memang belum tahu tentang lubang resapan tersebut jadi saya bertanya pentingnya lubang resapan tersebut,” tuturnya. Selain itu, pembuatan lubang pun mereka jadikan kompetisi antara siswa putri dan putra. “Kami tak mau kalah dengan laki-laki, jadi kami juga akan berusaha membuat sebanyak-banyaknya,” kata Sukma.

Mereka bekerjasama dan sangat bersemangat saat mencoba membuat lubang resapan. “Kami cewek-cewek yang tak mau kalah dengan cowok, jadi kami harus bekerjasama dengan baik,” jelas Rifka Amalia Firdaus, siswa kelas 5 saat mencoba memutar bornya. Tidak hanya siswa perempuan, siswa laki-laki pun juga ikut bersemangat. “Kalau anak-anak cewek semangat, kami juga tak mau kalah dengan mereka,” tutur Bayu Pangestu Aji dengan semangat.

Bayu juga menjelaskan bahwa mereka bersemangat bila ada kompetisi seperti ini. “Kalau kompetisi seperti ini, kami akan lebih bersemangat lagi,” jelas Bayu. Alhasil, dalam waktu yang tidak tergolong lama, 2 lubang resapan berhasil dibuat tim putra dan 2 lubang berhasil tim putri. Selain membuat 4 biopori, mereka juga berebut saat mengumpulkan sampah organik khususnya sampah daun di sekolah untuk dimasukkan ke dalam lubang yang telah dibuat. Selain mereka juga merencanakan lubang resapan saat Jum’at Bersih pekan ini. (ali)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.