SDN Sawahan 3 dan SDN Petemon 1 Bersemangat Membuat Lubang Resapan
Surabaya- Tak mau kalah dengan sekolah yang lainnya, semangat anak-anak SDN Sawahan 3 tetap terjaga. Kondisi tersebut terlihat saat pembinaan lubang resapan (biopori) oleh Tunas Hijau di sekolah mereka, Selasa (1/5). Tidak hanya siswa, antusiasme juga ditunjukkan oleh guru-guru mereka. Mereka nampak sangat senang bisa mencoba membuat lubang resapan. Mereka ternyata juga menunggu agar bisa membuat lubang resapan tersebut di sekolah.
“Saya ini sebenarnya sudah menunggu cara penggunaan bor yang sudah diberikan ini,” tutur Wiwik Widayanti, guru SDN Sawahan 3. Dia menjelaskan bahwa mereka bingung untuk mempergunakan alat yang mereka terima pekan lalu di Kebun Bibit Wonorejo. “Kami sebenarnya bingung mempergunakan alat ini,” jelas Wiwik saat pembinaan. Dia juga senang dengan bantuan yang mereka terima. “Saya juga senang dengan bantuan ini, karena kami bisa mengembangkan lingkungan hidup di sekolah kami,” ucapnya.
Kondisi serupa juga ditemui di SDN Petemon 1 yang sekarang menjadi SDN Petemon. Semangat para siswa dan gurunya serasa tak mau kalah dengan SDN Sawahan 3. Mereka mengikuti pembinaan ini dengan antusias dan banyak pertanyaan Tunas Hijau yang berhasil dijawab. Mereka memang sedikit mengetahui tentang biopori dari sekolah tetangga. “Kami mengetahui biopori ini sudah lumayan lama dari SD lain, tapi kami belum mampu untuk membuatnya,” tutur Sukaryo, guru SDN Petemon 1.
Kondisi tersebut juga dikarenakan belum selesainya pembangunan yang ada di SDN Petemon 1. “Di sini juga masih tahap renovasi sedikit jadi kami belum mencobanya,” jelasnya saat pembuatan lubang resapan bersama Tunas Hijau. Tidak hanya itu, mereka cukup bersemangat dan senang saat mempraktekkan pembuatan lubang resapan itu. “Saya senang belajar hal baru seperti ini. Ini belum pernah saya buat sebelumnya,” tutur Muhammad Dandi Kalbuadi, siswa kelas 5C yang paling bersemangat. Tidak hanya bersemangat, dia juga menjadi motor bagi temannya untuk membuat lebih banyak lubang resapan lagi. (ali/bams)