Tunas Hijau Bagikan Gratis Tanaman Sansivera

Surabaya- Sansivera atau di Indonesia dikenal dengan tanaman lidah mertua, sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan the tongue of mother in law, siap diberikan gratis oleh Tunas Hijau kepada sekolah-sekolah yang menginginkannya. Sansivera yang siap diberikan gratis ini adalah hasil pembibitan yang dilakukan oleh Tunas Hijau dengan memanfaatkan lahan terbatas di markasnya, Semolowaru Indah T-10. 

Aktivis senior Tunas Hijau Sugeng menyampaikan rencana pembagian tanaman sansivera secara gratis itu saat melihat bahwa tanaman itu sudah beranak-pinak di markas Tunas Hijau, Jumat (25/5). “Bagi yang ingin menghijaukan sekolahnya dengan tanaman sansivera, Tunas Hijau akan memberikannya secara gratis,” kata Sugeng.

Tanaman sansivera yang siap diberikan gratis oleh Tunas Hijau

Sugeng menjelaskan bahwa sansivera ini adalah tanaman yang mempunyai rentang toleransi yang tinggi terhadap kondisi lingkungan, kondisi sedikit air dan cahaya matahari. “Jenis tanaman ini bahkan bisa hidup di lokasi yang tidak mendapatkan sinar matahari sama sekali seperti di dalam lemari,” ujar Sugeng. Sansivera juga dapat ditanam di media apa saja dan bisa mengolah dan menyerap polutan menjadi asam organik, asam amino dan mampu menyerap polutan dan bau yang tidak sedap.

Satu daun Sansivera ini mampu menyerap formaldehid 0,938 mg. Hampir 107 jenis polutan di udara dapat diserap dan hebatnya juga mampu menyerap radiasi berbagai barang elektronik. “Tanaman ini sangat cocok ditempatkan di dalam ruang tamu,” ujar aktivis senior Tunas Hijau Mochamad Zamroni menambahkan.

Manfaat lain dari sansivera ini ternyata bisa untuk obat seperti jenis Trifasciata Lorenti yang bisa mencegah diabetes dan ambeien. Penanaman juga sangat mudah, medianya bisa porous, bertekstur kasar dan mengandung sedikit bahan organik dengan pH 5,5-7,5. Untuk memperbanyak mudah saja dengan cara mencacah daun dimana seluruh bagian daun bisa digunakan.

Manfaatnya yang sangat banyak dan mudahnya pemeliharaan serta penanaman, makanya banyak orang yang menanamnya bahkan di kantor-kantor dan sekolah-sekolah sudah mulai banyak menanam sansivera. Di beberapa sekolah, tanaman sansivera bahkan dijadikan sebagai maskot sekolah.

“Begitu mudahnya tumbuh di segala jenis iklim, tanaman ini bahkan bisa ditemui hampir di semua negara di dunia,” jelas Zamroni yang mengaku pernah mendapatinya tumbuh subur di beberapa negara yang pernah dikunjunginya seperti Australia, Jepang, Malaysia, Thailand dan Amerika Serikat.

Bagi yang berkeinginan mendapatkan tanaman ini secara gratis bisa menghubungi markas Tunas Hijau, Semolowaru Indah T-10 Surabaya, telpon/fax 031-5936994 atau email info@tunashijau.org.

Satu tanggapan untuk “Tunas Hijau Bagikan Gratis Tanaman Sansivera

  • April 6, 2013 pada 12:09
    Permalink

    Persiapan Jambore Air
    Setelah saya membaca pengumuman yang dipajang di MADING sekolah,kemudian saya pun tertarik dan berkeinginan untuk mengikuti JAMBORE AIR,saya mencari informasi kepada narasumber,yaitu guru,Tim Tunas Hijau Indonesia,internet,dan juga perpustakan.Dalam mempersiapkan JAMBORE AIR ini,saya mengajak beberapa teman untuk bergabung menjadi Tim JAMBORE AIR.
    Selanjutnya kami berkumpul dan menghayal tentang kegiatan JAMBORE AIR ,mengingat kami juga belum pernah melakukan.Setelah kami semua berhayal ,kami menemukan beberapa ide untuk persiapan JAMBORE AIR,diantaranya yaitu:
    -Tanaman.
    -Pot bunga dan pupuk untuk menanam tanaman.
    -Ember dan gayung untuk menyiram tanaman.
    Selain mempersiapkan perlengkapan diatas,saya juga mempelajari tentang beberapa hal yang berkaitan dengan air,yaitu filter,biopori,dan abrasi.Filter adalah proses penyaringan air kotor agar menjadi bersih.Biopori adalah lubang resapan untuk menanggulangi air hujan supaya tidak mengakibatkan banjir.Sedangkan abrasi adalah bencana alam yang disebabkan oleh air laut. Untuk mencegah abrasi kita dapat menanam pohon bakau di pinggir laut.
    Setelah mempelajari beberapa materi tentang air.diatas,saya melakukan percobaan membuat filter dan biopori.Dalam hal ini saya ingin membuktikan apakan benar filter dapat menyaring air kotor menjadi air bersih,dan apakah benar biopori dapat menanggulangi air hujan agar tidak terjadi banjir.Setelah saya melakukan percobaan ternyata filter dapat menyaring air kotor menjadi bersih dan biopori dapat menanggulangi air hujan agar tidak terjadi banjir.
    *Penjernihan Air Dengan Cara Penyaringan ( filter ) Berikut peralatan, dan cara pengerjaanya:
    Bahan dan peralatan:
    a. Sepuluh kg arang
    b. Sepuluh kg ijuk
    c. Pasir beton halus
    d. Batu kerikil
    e. Dua buah kran
    f. Batu dengan diameter 2-3 cm
    g. Satu buah bak penampungan
    h. Satu buah drum bekas
    Pembuatan :
    a. Sediakan sebuah bak atau kolam dengan kedalaman 1 m sebagai bak penampung .
    b. Buat bak penyaringan dari drum berkas .Beri kran pada ketinggian 5 cm dari dasar bak.
    c.Isi bak penyaringan dengan ijuk setebal 10 cm,pasir halus 15 cm,ijuk 10 cm,arang tempurung kelapa 5 cm,pasir halus 20 cm,kerikil 10 cm,dan batu-batu dengan diameter2-3 cm setebal 10 cm.
    Penggunaan
    a. Air sungai atau telaga dialirkan kedalam bak penampungan.Pada pintu masuk air dipasang kawat kasa untuk menyaring kotoran.
    b. Setelah bak pengendapan terisih penuh,kran untuk mengalirkan air ke bak penyaringan dibuka.
    c. Kemudian,keran yang terletak di bawah bak penyaringan di buka.Berberapa menit kemudian kemudian air akan keluar.Awalnya air yang keluar agak keruh,tetapi setelah berberapa waktu berselang air akan menjadi jernih.Agar air yang keluar tetap jernih,keran harus di buka dengan aliran yang kecil.
    Pemeliharaan
    A. Ijuk di cuci,bersih kemudian dipanaskan di bawah sinar matahari sampai kering.
    B. Pasir halus dicuci dengan air bersih didalam ember,sehingga kotoranya dapat dikeluarkan.Kemudian ,dijemur sampai kering.
    C. Batu kerikil yang diperoleh dari sisa aya.kan pasir halus dicuci bersih di jemur sampai kering.
    D. Batu dibersihkan sampai bersih dan dari kotoran atau tanah yang melekat,kemudian dijemur sampai kering.
    Keuntungan
    A.Air keruh yang digunakan dapat berasal dari mana saja,misalnya:
    Sungai,rawa,telaga,sawah,dan sumur.
    B.Cara ini berguna untuk desa yang jauh dari kota dan tempatnya terpencil.
    Kelemahan
    A.Air tidak dapat dialirkan secara teratur karena air dalam jumlah tertentu harus diendapkan terlebih dahulu sebelum diminum karena belum bebas kuman.
    Nama:Amila suci wulandari.
    Sekolah:SDN Dukuh Menanggal 1/424
    Email: suci.w_amila@ymail.com
    “Sumber Air”
    Air untuk kebutuhan sehari- hari umumnya kurang menjadi perhatian utama,namun pada kenyataanya di lapangan masalah ketersediaan air sangat memprihatinkan, terutama air bersih yang layak di konsumsi.Air juga merupakan kebutuhan dasar dan bagian dari kehidupan,tubuh manusia juga terdiri dari air.Diporsi air dalam tubuh mencapai 70% dari berat badan.Air berada pada bagian tubuh yang vital,seperti pada otak sekitar 75%,paru-paru 86%,hati 86%,ginjal 83%,otot 75%,& komponen darah sekitar 83% ( Leaflet,ARS).Ada beberapa sumber air diantaranya:
    1.Air darat
    Air darat atau perairan darat adalah air yang melintasi daratan.Air jenis ini meliputi air permukaan dan air tanah.Air darat umumnya rasanya tawar dengan kadar garam hanya 1%.
    a.Air permukaan
    Air permukaan adalah air yang melintasi permukaan tanah,misalnya air di sungai,rawa,danau,dan waduk.Kondisi air permukaan sangat beragam karena dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya faktor lingkungan,faktor tanah,dan sebagainya.
    Kualitas air permukaan tergantung pada daerah yang dilewati oleh aliran air tersebut.Air yang mengalir melewati daerah yang berbatu yang berpasir cenderung berwarna bening karena kadar lumpurnya kecil.Sebaliknya,air yang mengalir melalui daerah bertanah lempung atau liat maka kadar lumpur pada air sangat tinggi.Pada umumnya,kekeruan air permukaan cukup tinggi karena banyak mengandung lempung dan unsur organik sehingga ciri air permukaan memiliki padatan terendap yang rendah kekentalan relatif tinggi.
    Berdasarkan tinjuan di atas,dapat dikatakan bahwa kualitas air sungai relatif lebih rendah dibandingkan kualitas air danau,air waduk, air rawa.Hal ini menunjukan bahwa kualitas air permukaan berbeda –beda.Meskipun demikian, air permukaan merupakan salah satu sumber air utama yang dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,setelah melalui proses tertentu.
    b.Air tanah
    Air tanah adalah air yang berada di bawah permukaan tanah,baik yang berada di lapisan tanah maupun yang ada di antara pori-pori tanah.
    Air tanah dapat berasal dari hujan,salju,ataupun bentuk-bentuk curahan lainnya yang meresap ke dalam tanah.Air tersebut kemudian tertampung pada lapisan kedap air di dalam tanah.Jadi,air tanah berfungsi sebagai tandon air di alam karena jumlahnya cukup banyak dan dapat diambil untuk kebutuhan hidup kapan saja diinginkan.
    Bagaimana cara air masuk ke dalam tanah?
    Ternyata air masuk ke dalam tanah melalui berbagai media peresapan seperti pori-pori tanah,tumbuhan di permukaan tanah,retakan lapisan tanah yang kering,dan kegiatan hewan yang membuat rongga tanah.
    Ciri-ciri air tanah yaitu memiliki kekentalan rendah dan padatan endapan juga rendah.Namun,yang perlu menjadi perhatian adalah kandungan mineral logam,seperti mineral besi,mangan,seng,dan lainnya yang tinggi.Air tanah dapat berasal dari mata air di kaki gunung atau di sepanjang aliran sungai dan rembesan air laut.Pengambilannya dapat dilakukan antara lain :dengan malalui sumur gali,sumur pantek,sumur bor tangan,dan sumur bor dalam.
    Pemanfaatan air tanah tersebut harus melalui proses tertentu untuk menghilangkan kandungan mineral-mineral yang tidak berguna bagi tubuh atau untuk kepentingan lain.
    Beberapa contoh peranan air tanah bagi kehidupan di muka bumi adalah sebagai berikut:
    1.Sumber air utama di muka bumi sepanjang tahun.
    2.Mengalir dan mengisi sungai,danau,dan rawa.
    3.Sumber air untuk kegiatan pertanian dan peternakan.
    4.Sumber air minum bagai semua makhluk hidup.
    5.Dijadikan objek wisata /tempat rekreasi ( misalnya geyser dan mata air di bawa tanah di gua-gua kapur ).
    Nama:Dwi yanti yunita sari
    Sekolah : SDN Dukuh Menanggal 1/424
    Email:dwisari121@yahoo.com
    Manfaat Air
    Air adalah cairan jernih yang tidak berwarna,tidak berasa,tidak berbau.Airsangat berguna bagi hewan,manusi,dan tanaman.
    Air terdiri dari 2 unsuryaitu unsur hidrogen(H)
    Dan satu Atom oksigen(O)
    Berat molnya mengandung 2gram hidrogen dan 16 gram oksigen.
    Sifat-sifat air
    Air termasuk benda berwujud cair.
    Air memiliki berberapa sifat diantaranya:
    -Bentuknya selalu mengikuti wadah nya
    -Mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah
    -Dalam keadan tenang permukaan air selalu datar
    -Air juga dapat melarutkan berbagai zat
    -Menekan ke segala arah dan dapat berubah wujud.
    Apabila di panaskan/didinginkan hingga suhu tertentu maka air akan berubah wujud menjadi gas ataupun padat.
    Jika air dipanaskan terus menerus hinga 100 oC disebut sebagai titik didih air
    Jika air didinginkan terus menerus hingga suhunya turun dan mencapai 0 oc maka air tersebut akan membeku dan berubah menjadi es.Suhu 0 oc di sebut sebagai titik beku air.
    Besar air di bumi berupa air garam di laut.sebagian lagi berada di glestser dan tundung.Es kutub hanya 1% bagian air yang bersih.
    Air bersih yang dapat kita gunakan biasanya berasal dari aliran air tawar contohnya:
    sungai,danau,dan beberapa mata air bawah tanah
    Air berasal dari sungai atau danau harus di olah terlebih dahulu jika akan di gunakan.
    Bakteri dan kotoran di dalamnya air dapat membahayakan kita sampai 80% penyakit di negara berkembang di sebabkan oleh air yan tidak sehat.
    Dalam kehidupan sehari-hari,merupakan sesuatu yang sangat penting dan berharga.Banyak aktivitas yang kita lakukan sehari-hari bergantung pada air.Air kita gunakan untuk membersihkan badan kita dari kotoran dan kuman,mencuci pakaian, piring, dan juga memasak.Hal yang paling penting,tubuh kita sendiri sangat memerlukan air karena tubuh kita tersusun atas 65% air atau sekitar 47liter/orang dewasa.
    Setiap hari 2,5 liter dari jumlah air tersebut harus di ganti dengan air yang baru.Diperkirakan dari sejumlah air yang harus di ganti tersebut 1,5 liter berasal dari sejumlah air minum dan sekitar1 liter berasal dari bahan makanan yang di konsumsi.menurut WHO jumlah air minum yang harus di penuhi sebagai syarat kesehatan adalah 86,4 liter perkapita perhari.Adapun di INDONESIA,jumlah air minum yang harus di penuhi di tentukan sebesar 60 liter perhari.
    Jika kekurangan air tubuh kita akan lemas dan tidak bertenaga,kondisi ini disebut dehidrasi ( kekurangan cairan ).Dehidrasi yang berat bisa menyebabkan kematian.Oleh karena itu kita harus minum minimal 1,5-2L setiap harinya.Menurut penelitian, manusia bisa bertahan hidup berhari hari tanpa makan.Akan tetapi,manusia tidak bisa bertahan hidup tanpa minum selama tiga hari.Betapa pentingnya air bagi kelangsungan hidup manusia.
    Bukan hanya kegiatan pribadi kita yang memerlukan air.Petani memerlukan untuk mengairi sawahnya.Air pun dapat digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik yang dikenal dengan sebutan Pembangkit Listrik Tenaga Air( PLTA).Peternak ikan memerlukan air dikolamnya agar ikan dapat hidup.
    Masyarakat yang tinggal di daerah sungai memanfaatkan air sebagai sarana transportasi yang menggunakan perahu atau rakit.Kita juga pasti tahu perahu nelayan dan kapal laut bergerak di atas permukaan laut. Ini adalah gambar perahu rakit.
    Tidak hanya manusia,tumbuhan dan hewan pun sangat membutuhkan air.Tumbuhan menggunakan air bersama karbondioksida untuk membentuk makanan( glukosa ).Tanpa air tumbuhan tidak dapat tumbuh dan berkembang bahkan dapat mati apabila tidak suplai air yang cukup.
    Hewan juga membutuhkan air untuk bertahan hidup.Hewan-Hewan air seperti ikan,belut,udang,dan paus,menjadikan air sebagai tempat hidupnya Mereka tidak dapat hidup di darat .Adapun hewan –hewan darat membutuhkan air sama halnya dengan manusia membutuhkan air.
    Wahhhhhh……,pokoknya tidak terhitung dech manfaat air untuk kehidupan.
    Nama:Panji Rahmansyah
    Sekolah:SDN Dukuh Menanggal 1/424
    Email:rahmasyah.panji@yahoo.co.id
    Penghematan dan menguji air dengan air teh
    Air sangat diperlukan oleh makhluk hidup.Air merupakan sumber daya alam yang banyak tersedia di permukaan bumi, tidak semua air dapat digunakan memenuhi kebutuhan hidup,karena saat ini banyak air yang sudah tercemar,tercemarnya air karena ulah manusia yang suka membuang sampah dan limbah indrustri sembarangan.
    Air merupakan kebutuhan makhluk hidup apabila tidak ada air maka tidak akan ada kehidupan di bumi inI.Sebagian besar tubuh kita juga mengandung air 70%,dari berat badan tubuh kita,maka dari itu kita setiap hari minum air 8 gelas atau 2 liter air,selain itu juga dengan banyaknya minum air tubuh kita akan terasa sehat dan terhindar dari penyakit.
    Jika kita melakukan kegiatan dan banyak mengeluarkan keringat maka kita akan merasa haus.Selain melalui keringat kandungan air dalam tubuh akan keluar saat buang air kecil ( kencing ).
    Daerah serapan air merupakan tempat meresapnya air melalui pori-pori tanah.Apabila hujan turun,air yang masuk ke daerah resapan akan mengalir kedalam tanah melalui akar -akar tumbuhan,sehingga didalam tanah terdapat cadangan air yang cukup.
    Air terjun merupakan aliran air yang berada di ketinggian melewati jeram kemudian,jatuh bebas kedasar sungai.Air terjun bentuknya ada yang bertingkat –tingkat yang disebut kaskade.
    Secara umum,air yang ada didalam tanah disebut air tanah,air tanah dibagi menjadi 2 yaitu,air tanah tertekan ( artetis) dan tidak tertekan (bebas), jika lapisan air tanah iitembus oleh lubang bar,air akan memancar.Air yang terdapat dalam sungai dan air tanah, pada umumnya belum dapat diminum, karena dalam air tersebut masih terdapat kuman, kotoran, dan unsur-unsur yang dapat mengganggu kesehatan. Oleh karena itu,air tersebut harus di olah dengan cara di saring dan di masak terlabih dahulu.
    Air yang ada di bumi mengalami penguapan karena panas dari matahari, uap air tersebut naik ke atmosfer kemudian mendingin dan mengalami pengembunan sehingga terbentuklah awan. Jika awan bertemu udara dingin maka terjadilah hujan.
    -Cara menghemat air : contoh setelah mandi , mencuci tangan, dan menggosok gigi keran air harus di mantikan,kalau keran air tidak di matikan akan mengakibatkan pemborosan air kalian semua juga harus tahu betapa pentingnya air di dunia ini.
    -Menguji dengan air teh
    Cara uji ini sangat sederhana.Cukup menyediakan dua gelas air teh dan air yang akan di uji.Selanjutnya,tuangkan air teh ke dalam air yang akan di uji dan di diamkan selama 12 jam bandingkan warna air yang telah di campur teh dengan warna air teh yang tidak di campurkan. Jika waranya masih sama dengan air teh yang tdak di campurkan , kualitas air tersebut dapat dikatakan bagus.Kebalikannya , jika warnanya menjadi lebih pekat , kualitas air tesebut dapat dikatan jelek. Mengapa demikian ?
    Air teh mengandung berbagai zat yang dibutuhkan oleh bakteri untuk berkembang biak . jika air yang di uji mengandung bakteri, ketika di masukkan ke dalam air teh , bakteri tersebut akan berkembang biak. Hal ini di tandai dengan semakin pekatnya warna air.Air teh dapat digunakn untuk menguji kualitas air
    Nama :Tariska Ramadhani Tania Putri
    Sekolah : SDN Dukuh menanggal 1/424
    Email: tariska_ramadhani@yahoo.com

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.