Aneka Permainan Tradisional Dihadirkan Tunas Hijau Pada CFD Kertajaya

Lomba Bakiak di CFD Kertajaya

Surabaya- Beberapa permainan tradisional digelar Tunas Hijau pada pelaksanaan Car Free Day di sepanjang Jalan Raya Kertajaya, Minggu (17/6). Ada egrang, gelindingan, hulahop dan bakiak 4 in 1. Ada juga beberapa ular tangga peduli lingkungan hidup berukuran 6 x 6 meter. Semua permainan itu disediakan khusus bagi pengguna jalan itu saat pelaksanaan hari (beberapa jam) tanpa kendaraan bermotor) yang diprakarsai oleh harian Kompas – Surya itu. 

Anak-anak sedang menjajal hulahop di CFD Kertajaya

Aktivis senior Tunas Hijau Mochamad Zamroni yang memandu pelaksanaan permainan tradisional itu menyampaikan bahwa penyediaan permainan itu sangat erat dengan nuansa peduli lingkungan hidup dan edukasi. “Permainan yang disediakan Tunas Hijau ini sangat ramah lingkungan hidup. Alasannya, tidak ada penggunaan energi listrik untuk memainkannya,” ujar Zamroni saat pelaksanaan Car Free Day yang berlangsung selama 3 jam itu.

Masing-masing permainan tradisional yang disediakan itu dilombakan untuk umum. Khusus egrang lebih banyak dimainkan oleh orang-orang dewasa. Sedangkan permainan ular tangga lingkungan hidup, hulahop, gelindingan dan bakiak 4 in 1 dimainkan oleh anak-anak.

Egrang juga dihadirkan di CFD Kertajaya

Dewi Ratih, warga sekitar pelaksanaan Car Free Day Kertajaya, menyampaikan bahwa dirinya hanya bermaksud berjalan-jalan melintasi Jalan Kertajaya. “Mumpung jalanan ini sedang ditutup untuk segala jenis kendaraan bermotor, makanya saya berjalan melintasi jalanan ini dengan teman. Eh, ternyata ada permainan tradisional egrang dari bambu yang sebelumnya gak pernah mencoba. Setelah diajari, akhirnya saya bisa mencobanya sendiri,” ujar Ratih saat mencoba egrang yang disediakan Tunas Hijau.

Lebih lanjut, beberapa warga yang tinggal di sekitar lokasi itu menyampaikan bahwa pelaksanaan CFD Kertajaya diharapkan bisa dilaksanakan secara rutin. Maklum, sejak peresmian pelaksanaan Februari lalu, tiga bulan sesudahnya vakum tanpa pelaksanaan  Car Free Day. Tidak sedikit masyarakat yang menunggu pelaksanaan CFD yang rencananya dihelat setiap Minggu ketiga itu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.