Perubahan Perilaku, Pengomposan dan Taman Baru Untuk SDN Rungkut Menanggal I

Puteri Lingkungan Hidup 2010 Fadila El Zahra memandu permainan ular tangga lingkungan hidup

Surabaya- Semangat adan antusiasme untuk memulai hal baru ditunjukan oleh siswa SDN Rungkut Menanggal I saat Roadshow Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup di sekolah mereka, Senin (18/6) pagi. Rasa ingin tahu mereka membuat jalannya roadshow tersebut semakin menarik. Mereka juga sangat tertarik untuk menjadi duta lingkungan hidup sekolah untuk menjadi pangeran atau puteri lingkungan hidup. Sikap tersebut seperti yang ditunjukan oleh Wanda Megawati, siswa kelas 5. 

Wanda menjelaskan bahwa dia akan merubah sikap dan mengajak seluruh warga sekolahnya untuk menjaga lingkungan hidup SDN Rungkut Menanggal I. “Bila saya menjadi puteri lingkungan hidup, maka saya akan membuat perilaku teman-teman lebih ramah lingkungan lagi,” tutur Wanda. Tidak hanya bicara, dia rupanya telah membuat tata cara yang akan digunakan untuk mewujudkan hal tersebut. “Saya sudah menyiapkan program untuk memuluskan tujuan saya. Diantaranya dengan membuat aksesoris dari sampah plastik,” jelasnya. Menurutnya, hal tersebut cukup bisa direalisasikan di SDN Rungkut Menanggal I.

Tidak hanya Wanda yang memiliki keinginan untuk menjadi puteri lingkungan hidup, Aryana Dias Cakasana, siswa kelas 3 juga memiliki keinginan yang sama. Bila Wanda dengan program daur ulang atau recycle, Dias lebih ingin memanfaatkan sampah organik yang ada di sekolah. Dias lebih ingin membuat pengomposan di SDN Rungkut Menanggal I. “Saya ingin membuat pengomposan di sini,” tuturnya. Menurutnya hal tersebut lebih mudah untuk dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Saya pikir lebih mudah untuk membuat kompos di sini,” jelas Dias. Bila sudah ada kesadaran dan pengomposan di SDN Rungkut Menanggal I, dia juga ingin memprakarsai pembuatan taman baru di halaman. Kondisi tersebut disampaikan oleh Faurina Dwi Kusuma Dayu, siswa kelas 4. Dia melihat taman yang ada di SDN Rungkut Menanggal I kurang terawat, jadi dia ingin membuat dan merawat taman yang ada di halaman tempat dia belajar. “Saya ingin membuat taman baru untuk sekolah bila menjadi puteri lingkungan,” ucapnya di akhir acara.

Sementara itu, roadshow di SDN Rungkut Menanggal I itu dihadiri oleh Puteri Lingkungan Hidup 2010 Fadila El Zahra dan Runner Up I Puteri Lingkungan Hidup 2009 Nyimas Salsabila Rahma Indah Zahra. Beragam kegiatan digelar pada roadshow ini, yaitu permainan ular tangga lingkungan hidup, pengolahan sampah kertas menjadi kertas baru dan perilaku ramah lingkungan hidup. (ali)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.