Sumur dan Lubang Resapan Untuk Mengatasi Banjir SDN Petemon 1

Surabaya- Sanitasi memiliki peranan penting untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pentingnya sanitasi ini dirasakan di SDN Petemon 1. Mereka memiliki masalah dengan saluran pembuangan di sekolah mereka. Nampak terlihat saluran air mereka hanya menggenang, tidak mengalir. Mereka berusaha untuk mencari solusi mengatasi masalah saluran tersebut. 

“Kami sudah berusaha untuk mengatasi masalah banjir di sini,” tutur Sunaryo, guru SDN Petemon 1. Menurut Sunaryo, dengan biopori sangat membantu mereka mengatasi banjir di sekolah mereka. Dia juga menjelaskan bahwa mereka telah memaksimalkan alat biopori yang mereka dapat beberapa waktu yang lalu. Hal tersebut dapat dilihat di taman mereka, nampak terdapat 10 biopori tertanam. “Kami sudah membuat lubang resapan di sini, semuanya kami tanam di taman,” jelasnya saat pembinaan lubang resapan di sekolahnya, Jum’at (1/6) pagi.

Mereka berencana untuk menambah lubang resapan mereka lagi. Mereka juga akan membuat sumur untuk mengatasi banjir yang ada di SDN Petemon 1. Mereka telah menyiapkan rencana lubang resapan mereka. “Kami akan menambah lubang resapan di sini, serta akan membuat sumur juga untuk mengatasi banjir di SDN Petemon 1 ini,” lanjutnya. Menurutnya, hal itu memang perlu dilakukan karena bila hujan datang akan mengganggu aktivitas belajar mengajar.

“Di sini masih ada 2 kelas yang berada di bawah permukaan rendah,” jelasnya. Untuk pembuatan lubang resapan tersebut, mereka hanya mampu memaksimalkan 2 lubang saja saat membuatnya. Kondisi tersebut disebabkan banyaknya acara sekolah dan hanya mengandalkan siswa. “Ini kami yang buat, per harinya kami juga yang merawatnya,” tutur Tiffany Febianti Ardin, siswa kelas 5. Menurutnya, semangat para siswa di sini memang cukup bagus untuk mengerjakan semua tanggung jawabnya termasuk perawatan biopori. (ali)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.