Tanam Pohon Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Surabaya- Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap 5 Juni. Bertepatan hari itu, Selasa, Tunas Hijau melakukan aksi penanaman pohon di jalur hijau Jalan Ir. Soekarno Surabaya – MERR (middle east ring road atau jalan tengah lingkar timur). Tanpa seremoni, penanaman pohon ini dilakukan dengan pemandangan padatnya kendaraan bermotor yang melintasi kedua ruas jalan yang ada. 

Aktivis Tunas Hijau pada penanaman pohon di MERR

20 pohon ditanam pada aksi penanaman yang diikuti oleh kurang dari 15 orang aktivis Tunas Hijau bersama satgas hijau Dinas Kebersihan dan Pertamanan Surabaya. Pohon yang ditanam adalah jenis pohon kecrutan atau spathodea. Pohon ini adalah sumbangan PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk atau dikenal dengan PGN yang dikelola Tunas Hijau untuk gerakan penanaman semilyar pohon di Surabaya.

Disampaikan oleh aktivis senior Tunas Hijau Sugeng bahwa penanaman pohon ini banyak untuk penyulaman atau mengganti pohon penanaman sebelumnya yang tidak tumbuh atau mati. “Banyak pohon hasil penanaman sebelumnya di jalur hijau ini yang mati. Makanya penanaman pohon yang kami lakukan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini banyak untuk mengganti pohon yang mati selain juga menambah kerapatan pohon yang ada,” ujar Sugeng.

Lebih lanjut, aktivis Tunas Hijau Saifullah yang menjadi koordinator realisasi hutan kota dan hutan sekolah Tunas Hijau menyampaikan bahwa saat ini masih ada lebih dari 200 pohon berukuran besar. “Pohon-pohon itu siap untuk ditanam di lahan kosong yang ada di sekolah atau fasilitas umum lainnya. Namun, sedapatnya lahan yang akan ditanami tidak akan berubah fungsi yang beakibat pada penebangan pohon yang sudah ditanam,” ujar Saifullah setelah penanaman pohon. (ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.