Peserta Workshop YEP part II Rumuskan Rencana Program Lingkungan

SURABAYA- Setelah aksi tanam pohon pada pagi hari di Rungkut Asri, dilanjutkan dengan kampanye peduli sampah dan aksi bersih-bersih di hutan mangrove Wonorejo, Minggu (10/3), 56 siswa SMA/SMK peserta Workshop Young Eco People part II merumuskan beberapa rencana program lingkungan hidup tindak lanjut dari workshop ini. 

Disampaikan oleh Anggriyan, salah satu aktivis Tunas Hijau yang memandu workshop itu, bahwa untuk bisa menjadikan peserta lebih peduli lingkungan, mereka harus terbiasa untuk melakukan kegiatan lingkungan. “Saya hanya ingin mereka tahu seperti apa kegiatan yang dilakukan oleh aktivis lingkungan itu,” ujar Anggriyan.

Dengan dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok mengemukakan usulan program sesuai dengan kesepakatan mereka. Diantaranya yang diungkapkan oleh kelompok Tania Pungky, siswa SMAN 8, yang menginginkan agar anggota Young Eco People ini melakukan pembinaan ke kampung-kampung. “Kami ingin berbagi pengalaman dengan adik-adik, ibu-ibu PKK di kampung membuat kampung peduli lingkungan. Jadi nanti anggota YEP akan dibagi untuk melaksanakan Roadshow Eco Kampung,” ucap Tania.

Menggunakan media komunikasi berupa poster dan kertas karton, kelompok Faisal Khauf, siswa SMAN 21, menerangkan bahwa kelompok mereka menginginkan adanya Bank Sampah khusus anggota Young Eco People. “Jadi bank sampah YEP ini, setiap kali pertemuan, masing-masing anggota harus membawa sampah yang layak jual seperti botol, kertas, kardus dari rumahnya. Hasil pengumpulan dan penjualan ini bisa digunakan untuk membiayai kegiatan YEP nanti,” ucap Faisal Khauf yang juga ketua OSIS SMAN 21.

Beberapa kelompok perwakilan dari SMA/SMK menyepakati program yang diungkapkan oleh perwakilan siswa ini. Tunas Hijau juga menambahkan beberapa program setiap Minggu dengan menggelar kampanye atau aksi nyata saat Car Free Day.Tidak hanya itu, mereka juga akan meneruskan tanam pohon yang tadi pagi mereka lakukan sebagai realisasi hutan kota YEP,” ujar Anggriyan. Diagendakan setiap dua kali dalam satu bulan akan diadakan pertemuan dan aksi nyata yang diprakarsai oleh anggota Young Eco People generasi V ini. (ryan/ron)