Anisa Berlianny, Juara II Lomba Poster Hari Air Sedunia 2017

Menggambar adalah salah satu hobinya, selain juga fotografi dan menyanyi. Hobi menggambarnya kali ini membuatnya meraih penghargaan sebagai juara II Lomba Poster “Konservasi Air” dalam rangka Hari Air Sedunia 2017 yang diselenggarakan Tunas Hijau bersama Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya.

Anisa Berlianny, namanya. Dia siswa kelas 10 SMA Al Muslim Wadungasri, Sidoarjo. “Posterku judulnya ‘Ayo Konservasikan Air Bersama-sama’. Nah, disitu ada kegiatan konservasi air dari hal yang sederhana. Contohnya membuat lubang resapan biopori dan menanam pohon,” ujar Anisa Berlianny.

Menurut Anisa, aksi nyata konservasi air atau meningkatkan kualitas dan kuantitas air di sekitar sebenarnya mudah. “Hanya saja banyak individu warga yang masih cenderung nggak peduli atau males. Oleh karena itu, ada gambar tangan tangan di pinggir tujuannya mengajak dan menghimbau bahwa konservasi air lebih baik dilakukan bersama sama,” ujar siswa yang lahir di Surabaya, 30 Januari 2001 ini.

Poster karya Anisa Berlianny dari SMA Al Muslim Sidoarjo yang terpilih sebagai juara II Lomba Poster Hari Air Sedunia 2017

Anisa menambahkan bahwa untuk menjaga kuantitas air sudah tidak cukup hanya dengan memanfaatkan lahan kosong dengan ditanami pepohonan. “Di gambar saya juga menjelaskan bahwa harus ada upaya lain untuk menampung air hujan dan meresapkannya ke dalam tanah. Air hujan harus banyak yang bisa meresap ke dalam tanah agar tidak terjadi krisis air,” terang Anisa Berlianny.

Anisa Berlianny termasuk siswa yang aktif berorganisasi di sekolah. Dia juga kader lingkungan hidup yang aktif dengan aksi-aksi nyatanya. Membuat lubang resapan biopori, mengolah sampah organik menjadi kompos, mendaur ulang sampah non organik dan mendaur ulang sampah kertas adalah aksi yang biasa dia lakukan.

Intan juga termasuk siswa dengan banyak prestasi. Diantara prestasinya adalah juara 1 Lomba Bioassesment se Jatim 2013, juara 3 Lomba Foto Bioassesment 2013, harapan 2 Lomba Foto Hari Air Jambore Air 2014, juara 3 Lomba Komik Hari Air Tunas Hijau 2014, juara 1 Lomba Entreprenuer Wirausaha Muslim 2015, juara 2 Story Telling Nurani Cito 2015 dan juara 3 Lomba Foto DPRD Sidoarjo 2016. (ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.