EVELIN PUSPA YUNIAR, Juara I Lomba Poster Hari Air Sedunia 2017

Menggambar adalah hobinya. Keikutsertaannya pada Lomba Poster “Konservasi Air” Hari Air Sedunia 2017 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya  berawal dari kebosanannya karena terus disibukkan dengan aktivitas belajar untuk persiapan ujian nasional tanpa ikut lomba menggambar dalam beberapa bulan terakhir.

Dialah Evelin Puspa Yuniar, siswa kelas 12 SMPN 23 Surabaya, yang menjadi juara I lomba yang digelar di Taman Bungkul, Minggu (19/3). Kebosanan Evelin itu disampaikan kepada guru Seni Budaya SMPN 23 Surabaya Sumarni. Pelaksanaan lomba yang pada hari Minggu, membuat Sumarni mau mengikutsertakan Evelin Puspa Yuniar.

Konsep gambar yang diangkat Evelin Puspa adalah daily activity aktivitas sehari-hari. Dalam karya posternya, terdapat beberapa kegiatan sederhana dan nyata yang digambar dengan sangat jelas oleh siswa kelahiran 16 Juni 2002 ini.

“Aksi nyata konservasi air yang saya gambar dalam poster adalah hal yang biasa diterapkan di SMPN 23 Surabaya. Diantaranya aksi ngebor lubang resapan biopori, menampung air bekas wudhu untuk mengairi kolam dan menyiram tanaman, bank sampah dan mengolah sampah organik dalam lubang resapan biopori,” ujar Evelin Puspa Yuniar, yang tinggal di Jalan Wiguna Timur Surabaya ini.

Mengenai aksi ngebor lubang resapan biopori, Evelin mengaku belum pernah membuatnya di sekolah dan rumah. “Di sekolah, saya hanya mengisi lubang resapan biopori yang sudah dibuat dengan sampah organik. Pernah mencoba ngebor biopori, tapi pas tanahnya berbatu,” terang siswa yang bercita-cita menjadi animator dan ilustrator ini.

Kepada Tunas Hijau, disaksikan Kepala SMPN 23 Surabaya Elly Dwi Pudjiastuti, Evelin mengaku sangat ingin membuat lubang resapan biopori di rumah. “Ada space tanah kosong di rumah yang mau saya buat lubang biopori. Tapi saya gak punya alatnya,” terang Evelin. Dengan seketika Elly, Eco Headmaster (Junior) of the Year 2016, meminta karyawannya meminjami 2 bor biopori untuk digunakan oleh Evelin di rumah.

Evelin mengatakan bahwa dirinya berharap bisa diterima di SMAN 5 Surabaya dan menjadi orang yang sukses. “Saya juga berharap bisa membuat industri animasi dan Indonesia menjadi negara yang maju dalam animasi,” terang Evelin Puspa Yuniar diamini Tunas Hijau, Sumarni dan Elly Dwi Pudjiastuti di ruangan kepala sekolah. (ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.