Hari Setiawan, Guru Pembina Yel-Yel Jawara Surabaya Eco School 2016

Tim yel-yel lingkungan hidup SDN Kapasari VIII Surabaya baru kali kedua mengikuti lomba yang menjadi bagian dari Surabaya Eco School. Pada tahun kedua keikutsertaannya, Lomba Yel-Yel Lingkungan Hidup Surabaya Eco School 2016, tim yang dibina oleh Hari Setiawan ini di luar dugaan menjadi juara pertama untuk kategori Sekolah Dasar.

Kebanggaan tim dan segenap warga SDN Kapasari VIII pun memuncak ketika tim yel-yel jawara ini tampil memukau di panggung utama puncak Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017 di Pantai Kenjeran Surabaya bersama Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, Selasa (28/2).

Dijelaskan oleh Hari Setiawan, guru pembina tim yel-yel SDN Kapasari VIII, bahwa dalam menyiapkan tim yel-yel juara dirinya mengikuti alur anak. “Kami mencoba memahami kekuatan dan kelemahan anak-anak kami yang menjadi bagian dari tim yel-yel. Kami menjadikan setiap kelemahan menjadi kekuatan terbesar, yaitu kerjasama tim dan disiplin berlatih,” kata Hari Setiawan yang lahir di Surabaya pada 12 Juli ini.

Guru yang hobi traveling ini menambahkan kiat untuk melakukan yang terbaik. “Dalam menyiapkan tim yel-yel jawara, kita harus melakukan yang terbaik tanpa mengharap sebuah hasil. Yang penting adalah yang melihatnya merasa sangat terhibur dengan penampilan kita. Kalau toh dapat hadiah, itu bonus dari lelah kita berlatih,” kata Hari Setiawan.

Tim yel-yel lingkungan hidup SDN Kapasari VIII saat tampil pada puncak Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017 bersama Wakil Presiden Republik Indonesia di Pantai Kenjeran

Lebih lanjut, guru kelas 6 SDN Kapasari VIII ini meminta semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam penyiapan tim yel-yel untuk berdoa. “Berdoa jangan dilupakan ya. Hanya Dia Yang Maha Kuasa yang berhak memutuskan,” kata Hari Setiawan yang masih guru honorer ini.

Mengenai sosok Hari Setiawan, guru koordinator pembina lingkungan hidup SDN Kapasari VIII Eny Murtiningtyas mempunyai penilaian tersendiri. Menurut Eny, Hari mempunyai semangat yang tinggi dalam meraih prestasi. “Pak Hari kalau melatih yel-yel selalu serius dan bersemangat,” kata Eny.

Sosok Hari Setiawan juga dikenal tanpa lelah. “Meskipun matahari bersinar terik, orangnya selalu mendampingi anak-anak berlatih. Pak Hari juga orang yang ringan tangan, penuh kreativitas,” kata Eny Murtiningtyas, yang mendapatkan penghargaan Eco Teacher (Elementary) of the Year 2016 ini.

Dalam keseharian, Hari Setiawan juga dikenal sangat peduli lingkungan hidup. Dia selalu membawa bekal makan dari rumah dengan wadah yang bisa digunakan berulang kali setiap harinya. Di kelasnya, selalu tersedia wadah minuman cangkir besar. Murid kelasnya juga selalu diajak membawa kelas bekal tiap hari. Jadi, setiap istirahat muridnya selalu makan bersama. (ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.