Sutiana, Pembina Ecopreneur SDN Kaliasin I Surabaya

Capaian penjualan produk wirausaha lingkungan Ecopreneur 2015 SDN Kaliasin I Surabaya yang mencapai Rp. 11.000.000,- selama tiga bulan adalah angka yang tergolong fantastis. Target penjualan yang dipasang pada Ecopreneur 2016 pun dibuat tim Ecopreneur SDN Kaliasin I ini dibuat tidak jauh berbeda.

Dengan kegigihan Sutiana, pembina Ecopreneur SDN Kaliasin I, target penjualan pada Maret – Juni 2016 kembali tercapai. Bahkan, angka penjualannya melebihi dua kali dari target yang telah ditetapkan. “Alhamdulillah kami bahkan bisa meraup penjualan lebih dari 25 juta rupiah pada 3 bulan pelaksanaan Ecopreneur 2016,” kata Sutiana.

Dijelaskan oleh guru yang tinggal di Jalan Dukuh Setro XII/20 Surabaya ini, bahwa produk ecopreneur 2017 sekolahnya masih banyak yang sama dengan tahun lalu. “Untuk tahun 2017 ini ada tambahan budidaya pohon kelor, blimbing wuluh, suruh serta pengembangannya dan inovasi daur ulang,” ujar Sutiana yang memiliki motto ‘Dengan Ecopreneur Siap Jadi Milliarder’.

Capaian angka penjualan yang melebihi Rp 25 juta oleh tim Ecopreneur SDN Kaliasin I bukanlah suatu kebetulan. Ada beberapa kiat penjualan yang mereka terapkan. “Untuk kemasan dan model produk yang dijual harus dibuat menarik, lucu dan unik sehingga konsumen tertarik untuk memiliki,” terang guru yang lahir di Pamekasan, 8 Oktober 1964 ini.

Penamaan produk ecopreneur yang akan dijual juga mendapat perhatian serius. “Nama produknya juga harus unik dan antik. Contohnya Jaksa, yaitu jahe kaliasin satu. Dengan penamaan unik itu akan membuat konsumen penasaran dan pasti membelinya,” jelas Sutiana.

Selain itu, jenis media promosi penjualan yang digunakan juga tidak boleh asal-asalan. “Bila promosinya melalui media sosial, banner dan media visual yang lainnya, maka tata bahasa dan tulisan harus menarik. Gambar yang lucu-lucu juga harus disertakan,” ujar Guru Olahraga kelas 1, 2 dan 3 SDN Kaliasin I ini.

Kiat jitu yang lain dari Sutiana adalah penerapan aturan main yang tegas kepada tim student company-nya. “Kemana pun saya dan anak-anak tim ecopreneur SDN Kaliasin I pergi harus membawa  produk dan memasarkannya. Sehingga dimanapun kami berada tanpa malu pasti menawarkan hasil produk ecopreneur sekolah,” ujar Sutiana.

Mengenai sosok ecopreneur Sutiana ini, Kepala SDN Kaliasin I Surabaya Sujilah memberikan penilaian yang istimewa. “Bu Sutiana bisa memberikan teladan kepada tim ecopreneur sekolah yang dibinanya dalam kehidupan sehari-hari. Setap bertemu banyak orang, berarti saatnya memasarkan produk ecopreneur sekolah,” kata Sujilah. (ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.