Ayo Gabung Bukber Bersama Eco Mobile PJB dan Panti Asuhan Roudhotul Jannah, Rabu (23/5)

Panti Asuhan Roudhotul Jannah tidak tampak seperti panti asuhan pada umumnya, yang setiap bulan ramadhan disibukkan dengan kegiatan beribadah seperti mengaji. Di panti asuhan yang sudah berdiri sejak tahun 1994 ini, kegiatan keagamaan memang menjadi yang utama, akan tetapi ada hal berbeda yang tidak dilakukan panti-panti lainnya. Adalah kegiatan bercocok tanam menggunakan media hidroponik yang sudah dijadikan sebagai sumber penghasilan panti.

Informasi tersebut didapatkan Anggriyan Permana, aktivis Tunas Hijau saat berkunjung ke panti asuhan yang terletak di Jalan Tegal Mulyorejo Baru 29/66, Jumat Sore (18/05). Disampaikan oleh Sri Mina Rahayu, ketua panti asuhan, bahwa kegiatan hidroponik dan pembuatan kerajinan tangan dari berbagai macam barang bekas menjadi salah satu sumber pendanaan panti asuhan. “Sudah sejak 8 bulan ini, kami sudah tidak mendapatkan bantuan dari donatur,” ucap Sri.

Dari pembuatan hidroponik yang dijadikan peluang bisnis baik pembuatan hingga edukasinya, mereka dipercaya untuk mendapatkan pesanan dari SMPN 29 Surabaya dan beberapa tempat di Kalimantan. Setiap harinya, seluruh anak dipanti diajak untuk melakukan proses penyemaian tanaman sayur seperti sawi, selada, kangkung dan bayam. “Selama bulan ramadhan ini, saya ajak anak-anak untuk menyemai tanaman untuk memenuhi pesanan dari sekolah,” imbuhnya.

Dengan jumlah anak-anak Panti Asuhan sebanyak 26 orang, kedatangan Tunas Hijau ke Panti adalah untuk mempersiapkan kegiatan buka puasa bersama anak-anak panti minggu depan. Disampaikan oleh Anggriyan, operator Eco Mobile PJB, bahwa minggu depan, dirinya dengan membawa mobil edukasi lingkungan hidup keliling atau Eco Mobile PJB. “Saya mengajak teman-teman kader lingkungan sekolah-sekolah terdekat untuk bergabung bersama adik-adik panti asuhan untuk buka bersama sekaligus diskusi hidroponik,” ujar Anggriyan.

Sri Mina Rahayu bersama dengan salah seorang anak di Panti Asuhan menunjukkan proses penyemaian yang dilakukannya bersama anak-anak di daerah Tegal Mulyorejo Baru

Pada undangan terbuka yang ditujukan kepada kader lingkungan hidup sekolah-sekolah yang berada di dekat Panti Asuhan Roudhotul Jannah agar berpartisipasi pada acara buka bersama. “Kalau ada yang mau bergabung untuk buka bersama, dimohon untuk tidak menggunakan plastik kemasan sebagai wadahnya, silahkan membawa makanan dan minuman lebih agar bisa diberikan kepada mereka sebagai bentuk syukur.” imbuhnya.

Rencana kegiatan yang juga akan diramaikan dengan adanya sharing session atau workshop tanya jawab tentang hidroponik yang berhasil dijalankan oleh panti. “Kalau ada sekolah-sekolah yang mau belajar hidroponik bisa belajar di panti, selain mendapatkan ilmu baru tentunya mendapatkan pahala yang besar,” kata Anggriyan. Berkat adanya pengelolaan hidroponik sebagai salah satu industri, mereka sudah bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhan anak-anak. Menariknya lagi, 5 dari 26 orang menempuh kuliah berkat kerja keras dan modal hidroponik saja.

Ketua panti asuhan yang sudah mengelola selama 9 tahun ini berencana untuk menambah atau memperluas area pembuatan hidroponik yang ada di depan panti asuhan. “Kami sudah ditawari oleh ITS untuk memanfaatkan lahan kosong untuk diadopsi dan dikembangkan tanaman hidroponiknya, selain itu saya juga sering kali diundang untuk menjadi pemateri hidroponik di tingkatan sekitar rumah,” ucap Sri, perempuan kelahiran Madiun ini. Pendidikan, ibadah dan kejujuran adalah nilai-nilai yang dijunjung dan diterapkan disini. (ryn)

Keterangan foto utama: Bersama dengan anak-anak Panti Asuhan, Sri Mina Rahayu, kepala Panti Asuhan Roudhotul Jannah foto bersama di depan hidroponik milik Panti yang sudah pernah dipanen dan dijual kepada daerah-daerah lainnya

6 tanggapan untuk “Ayo Gabung Bukber Bersama Eco Mobile PJB dan Panti Asuhan Roudhotul Jannah, Rabu (23/5)

  • Mei 19, 2018 pada 08:27
    Permalink

    Salut aq dgn kegiatan ini insya allah bubutan 4 aq meniru kegiatan ini karena sangat baik dan meningkat rasa kepedulian sosial pd sesama dan meningkatkan pahala amal ibadah kita terlebih lg di bulan ramadhan yg suci dan barokah ampunan.aamiin

    Balas
  • Mei 19, 2018 pada 10:38
    Permalink

    Panti asuhan yg sangat mandiri krn tidak bergantung pd donatur. Bahkan mampu mengembangkan budidaya bercocok tanam dg sistem hidroponik, yg dijadikn sumber dana berputarnya roda kehidupan panti asuhan. In Syaa Allah semua kehidupan yg berlangsung di Panti Asuhan Roudhotul Jannah sll diridhai dan dirahmati Allah. Aamiin.

    Balas
  • Mei 19, 2018 pada 11:01
    Permalink

    Waw Panti Asuhan yang sangat The Best, bisa mengembangkan Budidaya lingkungan apalagi ada Hidro Ponik. Mantap lah

    Balas
  • Agustus 24, 2019 pada 05:42
    Permalink

    subhanallah panti asuhan yg sangat mendidik anak anaknya untuk cinta lingkungan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *