Rafi Pramana, Direktur Student Company Eco Spensix Surabaya

Program wirausaha lingkungan hidup Ecopreneur 2018 menjadi program lingkungan hidup pertama bagi Rafi Pramana Ramadani, siswa SMPN 6 Surabaya, aktif bersama tim sekolahnya.

Di bawah asuhan Eka Fadiyah Wati, guru pembina lingkungan hidup peraih penghargaan Eco Teacher (Junior) of the Year 2017, Student Company Eco Spensix sangat aktif merealisasikan semua challenge yang dihadirkan.

“Paling membahagiakan selama Ecopreneur 2018 saat menawarkan produk kepada para anggota DPR RI Komisi X yang berkunjung di SMPN 6. Termasuk juga Anang Hermansyah, musisi dan pencipta lagu itu,” kata Rafi Pramana Ramadani, direktur Student Company Eco Spensix.

Bagi Rafi, bisa bertemu langsung dengan Anang Hermansyah dan para anggota DPR RI Komisi X adalah anugerah tersediri. “Menjadi lebih istimewa karena bisa juga menjelaskan produk ecopreneur SMPN 6 Surabaya ke Anang Hermansyah dan rombongannya,” terang Rafi.

Rafi dan anggota timnya Zerlinda Azzahra bersama Anang Hermansyah

Produk ecopreneur yang ditawarkan Rafi dan timnya yaitu JeCo (jahe eco). “Minuman jahe yang kami produksi itu bahkan diborong oleh para anggota DPR RI tersebut dan menambah rasa bahagia dan kebanggaan saya,” tambah siswa penghobi berenang ini.

Kepada para anggota DPR RI itu, Rafi bahwa JeCo adalah salah satu produk dalam kegiatan sekolah dalam kegiatan Ecopreneur 2018. “Saya sempat ditanya ‘apa itu JeCo?’ Ya saya jawab JeCo adalah minuman herbal yang terbuat dari jahe dan dari bahan alami non pengawet yang sangat bagus bagi kesehatan,” tutur Rafi.

Tanggapan para anggota DPR RI itu sangat positif. “Mereka sangat tertarik dengan produk ecopreneur kita. Mereka pun mencoba minuman jahe kita dan katanya ini uenak sekali minuman jahenya,” tambah Rafi yang lahir di Surabaya pada 7 November 2003 ini.

Rafi dan tim Ecopreneur SMPN 6 Surabaya juga mendapat saran mengenai harga jual produk minuman herbal olahan jahe itu. “Kami jual 5 ribuan saja. Kata mereka harganya terlalu murah. Mereka menyarankan harga jualnya 10 ribuan,” kata Rafi. Jalan tengahnya, mungkin harga jual untuk tamu dibuat berbeda dengan warga sekolah. (roni)

4 tanggapan untuk “Rafi Pramana, Direktur Student Company Eco Spensix Surabaya

  • Mei 17, 2018 pada 13:20
    Permalink

    Generasi bangsa yg sangat peduli lingkungan

    Balas
  • Mei 17, 2018 pada 21:31
    Permalink

    Rafi Pramana sang Direktur Eco Spensix, ditanganmulah roda perusahaan Eco Spensix bergerak. Jadi tetaplah selalu untuk semangat mengembangkan bakat dan potensi yang Rafi miliki. Jadilah selalu teladan agar teman-teman mudah untuk diajak beraktivitas lingkungan khususnya mengembangkan wirausaha berbasis lingkungan hidup.

    Balas
  • Mei 18, 2018 pada 08:38
    Permalink

    Selama ini SMPN 6 Surabaya memdapat legimitasi sebagai sekolah kawasan. Tentu saja input dari siswanya di atas rata-rata sekolah biasa. Disinilah muncul sosok Rafi anak muda yang penuh kepedulian terhadap lingkungan yang tak lepas dari pembina lingkungan yang ada yaitu Bu Diyah. Lewat sentuhan tangan dingin dari beliau muncul anak muda seperti Rafi tersebut.

    Balas
  • September 28, 2019 pada 20:29
    Permalink

    Waaaah… keren, maaas~!!!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *