Rizky Maulidany, Jagoan LH SMPN 41 Surabaya

Dia masih siswa kelas 7, namun sudah sering mendapat kepercayaan menjadi juru kampanye tim Ecopreneur SMPN 41 Surabaya. Dia juga sering memimpin aksi pengelolaan lingkungan hidup di sekolahnya yang menjadi juara pertama Surabaya Eco School 2017. Rizky Maulidany, namanya.

Beragam kegiatan lingkungan hidup telah diikuti siswa kelahiran 13 April 2005 ini di tahun pertamanya sebagai siswa SMPN 41 Surabaya. “Saya pernah mengikuti Bersih-Bersih Pantai Kenjeran Clean Up the World 2017, dan Bersih-Bersih Pantai Jembaran Suramadu Februari 2018,” kata Dany, panggilan akrab Rizky Maulidany.

Siswa yang tinggal di Jalan Donokerto Baru C 21 Surabaya ini juga terlibat aktif dalam realisasi SMPN 41 Surabaya bebas tempat sampah. “Yaitu program yang mengajak seluruh warga sekolah meniadakan sampah non organik khususnya sampah plastik dan sterofoam. Diantaranya dengan mengajak seluruh warga sekolah membawa wadah makan minum sendiri,” terang Dany.

Aksi tanam mangrove adopsi hutan mangrove di bantaran sungai afvour Wonorejo juga diikuti Dany bersama tim lingkungan hidup sekolahnya. Aksi tanam mangrove itu dilaksanakan dalam rangka Hari Lahan Basah Sedunia 2 Februari. “Saya juga mewakili sekolah pada kegiatan peringatan Hari Air Sedunia di SMPN 13 Surabaya,” tambah Dany.

Aksi yang paling menantang bagi Dany adalah Festival Sekolah Prestasi Surabaya yang diikuti sekolahnya di Ciputra World Mall Surabaya. Pada festival itu, selama sepekan pada akhir Maret 2018, SMPN 41 Surabaya menggelar pameran ecopreneur.

“Pada Festival Sekolah Prestasi Surabaya di Ciputra World Mall, kami terus mempromosikan semua produk wirausaha lingkungan hidup. Ada sirup jahe, kompos dan es krim kulit kacang hijau. Sirup jahe yang paling laku,” terang Dany, yang juga finalis pangeran lingkungan hidup 2016 dengan proyek daur ulang sampah kertas ini.

Hasil promosi produk Ecopreneur SMPN 41 Surabaya di mall eksklusif itu cukup banyak. “Kami meraih pendapatan 1.600.000 rupiah untuk produk sirup jahe, 1 juta rupiah untuk es krim dan sekitar 100 ribu untuk kompos,” ujar Rizky Maulidany yang memiliki hobi memancing ini.

Aksi lingkungan hidup terbaru dan menantang yang diikuti Dany adalah aksi tanam mangrove di pesisir Wonorejo Surabaya. Aksi tanam mangrove ini berbeda dengan yang dilakukan sebelumnya.

“Pada aksi bersama grup hotel Accor Jawa Timur ini, kami harus naik perahu motor ke lokasi. Kami juga harus bermandi lumpur untuk menanam dengan media bronjong bambu itu,” kata Dany. (ron)

3 tanggapan untuk “Rizky Maulidany, Jagoan LH SMPN 41 Surabaya

  • Mei 9, 2018 pada 18:29
    Permalink

    Salut banget untuk Dany, meski masih pertama kali mengikuti kegiatan LH di SMPN 41 (karena kan masih kelas VII). Namun sangat antusias dan penuh semangat dalam beraktivitas dan mampu memengaruhi teman-teman. Jangan pernah lelah untuk mengajak teman-teman agar peduli lingkungan. Jangan pula patah semangat jika mendapatkan tantangan.

    Balas
  • Mei 9, 2018 pada 21:33
    Permalink

    Wih, SALUT banget untuk RIZKY MAULIDANY. teruskan perjuangan mu dibidang lingkungan dan yang lain nya juga. Jangan takut di cemooh karena cemooh orang adalah awal dari kesuksesan kita 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.