Sastro, Tak Pernah Absen Aksi Lingkungan di Sekolah Dan Sekitar

Hobi kepala sekolah ini adalah mengoleksi tanaman untuk dirawat di sekolah dan di rumah. Sosok  yang baru 7 bulan menjadi kepala SDN Bubutan IV Surabaya ini sudah dapat menghijaukan lingkungan sekolah yang  kondisi awalnya banyak debu dan terlihat gersang serta panas karena terbatasnya jumlah tanaman.

Dialah Sasto, yang gemar menanam pohon pelindung, produktif, tabulampot, tanaman gantung dan rambat di SDN Bubutan IV Surabaya dan rumahnya. Sastro dikenal bawahannya sebagai seorang  yang sangat peduli terhadap lingkungan hidup. Terlihat dari aktivitas maupun kebijakan yang dibuatnya. Tidak hanya soal tanaman saja, namun juga pengolahan sampah di sekolah.

“Peduli lingkungan hidup seperti panggilan jiwa bagi saya. Jadi tidak terasa berat meskipun itu berhubungan dengan pengolahan sampah,” ucap Sastro, yang juga mantan kepala SDN Babatan V  Surabaya ini. Menurutnya, sejatinya mengolah sampah merupakan kewajiban setiap orang.

Warga SDN Bubutan IV sudah dianggap keluarga sendiri oleh Sastro. Kebijakan selalu dibuat untuk kebaikan warganya. Salah satunya program edukasi lingkungan hidup bertujuan pembekalan sejak dini. Mulai berpartisipasi aktif pada Ecopreneur, Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup, Surabaya Eco School dan Adiwiyata.

Tidak lupa, Sastro juga sering sosialisasi program ke wali murid. Wali murid juga sering diajak untuk mengevaluasi program lingkungan hidup maupun program lainnya di sekolah. Kepala sekolah kelahiran Kota Lamongan ini terus menggencarkan kegiatan lingkungan seperti Jumat Bersih.

“Setiap Jumat, warga sekolah ngosek toilet bareng dan bersih-bersih di sekolah. Kami juga sekali dalam sebulan bersih-bersih sungai samping sekolah mengajak warga kampung Tembok Lor. Ini merupakan bagian dari memberdayakan warga sekolah dan mengajak partisipasi warga kampung untuk menjaga kebersihan kampung,” ujar Sastro yang memiliki bakat menari ini.

Selain dikenal suka koleksi bunganya, banyak guru-guru SDN Bubutan IV menyebut Sastro merupakan sosok kepala sekolah yang suka memotivasi guru. “Beliau ingin setiap guru menjadi guru berprestasi,” ujar Yohana Permana, guru pembina lingkungan hidup sekolah ini.

Pada setiap lomba yang sesuai dengan bidangnya atau bakat dari salah satu guru, maka Sastro akan mengajurkan untuk ikut. “Seperti saya diajak ikut program Ecopreneur 2018 dan Pangeran Putri Lingkungan Hidup 2018,” tambah Yohana Permana.

Sastro merupakan peraih penghargaan kepala sekolah terbaik pada program Penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2017 yang diadakan Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya.

Penilaian senada juga disampaikan Imam Subroto, koordinator hidroponik SDN Bubutan IV. “Bapak Sastro itu orang yang paling peduli dengan kondisi sekolah. Waktu keadaannya seperti padang pasir dan banyak material bangunan karena proses pembangunan, Bapak langsung mengusulkan penghijauan mengajak seluruh warga sekolah,” terang Imam Subroto. (*)

Penulis: Satuman

Penyunting: Mochamad Zamroni

8 tanggapan untuk “Sastro, Tak Pernah Absen Aksi Lingkungan di Sekolah Dan Sekitar

  • Mei 25, 2018 pada 16:12
    Permalink

    Sukses selalu dan semoga tetap istiqamah dalam menjalankan amanah

    Balas
  • Mei 25, 2018 pada 16:36
    Permalink

    Bapak Sastro layak disebut sebagai bapaknya lingkungan SDN Bubutan IV. Mewujudkan program-program lingkungan dengan gencar, semangat, dan berkelanjutan.

    Balas
  • Mei 25, 2018 pada 21:55
    Permalink

    Untuk pak sastro, hanya ini komentar saya…pak sastro adalah hulk (super hero hijau) sdn bubutan 4 sby

    Balas
  • Mei 26, 2018 pada 09:25
    Permalink

    Sukses bapak, semoga apa yg bapak impikan tercapai

    Balas
  • Mei 28, 2018 pada 09:59
    Permalink

    Pak Sastro Menginspirasi Banyak Orang
    Beliau Selalu memberi kesempatan Guru untuk berkembang sesuai bakat yang dimiliki

    kecitaannya terhadap lingkungan sudah tidak bisa diragukan lagi
    Semoga bisa menjadi tauladan kita bersama.

    Balas
  • Mei 28, 2018 pada 10:00
    Permalink

    Pak Sastro Memberi inspirasi buat
    Banyak Orang
    Beliau Selalu memberi kesempatan Guru untuk berkembang sesuai bakat yang dimiliki

    kecitaannya terhadap lingkungan sudah tidak bisa diragukan lagi
    Semoga bisa menjadi tauladan kita bersama.

    Balas
    • Mei 30, 2018 pada 22:40
      Permalink

      Pak Sastro selalu peduli pada lingkungan dan sesama guru , tetap semangat dimana pun ditempatkan …sukses dan sehat selalu

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *