Masyarakat di seluruh dunia memperingati 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Bertepatan dengan hari ke-21 Ramadhan 1439 Hijriyah tersebut, Selasa (5/6/2018), aksi Tanam 1000 Pohon akan dilakukan Tunas Hijau bersama PT PLN (Persero) Surabaya.

Aksi Tanam 1000 Pohon bersama PLN itu akan dilaksanakan di Taman Harmoni, eks tempat pembuangan akhir sampah Keputih, Surabaya. Sekitar 200 orang akan terlibat pada penanaman pohon bernuansa Ramadhan itu.  Diantara mereka adalah siswa kader lingkungan hidup beberapa sekolah Surabaya.

Sebanyak 100 pohon jakaranda (Jacaranda obtusifolia) telah datang di lokasi penanaman, Minggu (3/6/2018) pagi. Pohon jakaranda sengaja didatangkan dari tempat yang cukup jauh, yaitu Kabupaten Karawang, yang terkenal dengan bagusnya kualitas pohon untuk ditanam.

Tinggi pohon jakaranda yang akan ditanam itu 2,5 – 3 meter. Jakaranda adalah pohon berbunga. Tingginya bisa mencapai antara 5 sampai 15 meter. Kalau sedang berbunga, jumlah bunganya sangat banyak. Bunga-bunganya sebetulnya kecil tetapi berkelompok. Diameter satu kelompok bunga jakaranda bisa mencapai 30 centimeter.

Jenis pohon ini sengaja ditanam di taman yang sebelumnya banyak ditanami pohon bambu itu. Harapannya bisa menciptakan suasana berbeda taman dengan nuansa bunga berwarna biru. Masyarakat  Surabaya, khususnya pengunjung taman itu, diharapkan menjadi lebih betah menikmati taman itu.

Tidak hanya pohon jakaranda yang akan ditanam bersama PT PLN (Persero) Surabaya di taman itu. 900 pohon lain yang akan ditanam diantaranya adalah Spathodea campanulata orange (kecrutan oranye), Pongamia pinnata (mempari bunga ungu), Pometia pinnata (matoa) dan Cassia grandis (kasia pink). Penanamannya juga akan berlanjut hingga beberapa pekan setelahnya. (*)

Penulis: Mochamad Zamroni

9 thoughts on “Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 1000 Pohon Siap Ditanam Bersama PT PLN (Persero) Surabaya

  1. SDN BUBUTAN 4 Surabaya Mengucapkan Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan aksi Tanam 1000 Pohon yang akan dilakukan oleh Tunas Hijau bersama PT PLN (Persero) Surabaya dan dilaksanakan di Taman Harmoni, eks tempat pembuangan akhir sampah Keputih, Surabaya . Pada penanaman pohon ini bernuansa Ramadhan diikuti Sekitar 200 orang yang akan terlibat di antara mereka adalah siswa kader lingkungan hidup beberapa sekolah Surabaya. Mudah2an kegiatan ini merupakan amalan barokah manfaat bagi tunas hijau, pln, dan kader lingkungan hidup anak sekolah serta semua orang yang terlibat dalam kegiatan ini, aamiin. Saya berharap kegiatan lebih menambah hijaunya kota Surabaya bahkan tidak heran kalau kota Surabaya bisa menjadi paru-parunya kota-kota yang ada di Jawa Timur bahkan di Indonesia, aamiin. Selamat buat tunas hijau indonesia semoga semakin berkibar, trima kasih (mas imam subroto pegiat LH dan Penggiat Hidroponik SDN BUBUTAN 4 SBY)

  2. WoW… Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah hari yang patut untuk beraksi nyata bagi para pejuang, pecinta, & peduli yang sejati. Kami siap beraksi nyata dengan menanam pohon di Taman Harmoni eks TPA sampah Keputih. Bukan hanya untuk melestarikan lingkungan tapi juga akan mempercantik kota Surabaya di masa mendatang. Tunas Hijau dg menggandeng PT. PLN Persero Surabaya, sangat harmonis.

  3. Senang sekali dg kegiatan lingkungan Tunas Hijau dan PT PLN, sukses dan smg acara lancar.
    Dan Surabaya makin indah dan hijau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *