Sebanyak 1000 pohon jenis Jacaranda dengan tinggi 2 meter ditanam di Taman Harmoni Keputih, Selasa pagi (05/06) dengan melibatkan ratusan orang siswa dan guru perwakilan SD, SMP, SMA dan SMK di Surabaya. Aksi penanaman pohon yang digelar dalam rangka untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama PT PLN (Persero) bersama dengan Pemerintah Kota Surabaya.

Dengan mengusung tema global adalah “Connect With Nature”, aksi tanam pohon di bekas tempat pembuangan sampah dulunya ini mempunyai misi. Disampaikan oleh Chalid Buchari, Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau, yang juga mewakili Walikota Surabaya bahwa dengan penanaman 1000 pohon yang salah satunya di Taman Harmoni ini bisa menarik banyak keanekaragaman hayati agar membuat pengunjung taman semakin nyaman.

“Dulunya taman ini adalah bekas pembuangan sampah, kemudian kami ubah menjadi taman dengan melakukan aksi penanaman pohon secara berkala. Beberapa titik taman bahkan sudah terkenal untuk dijadikan spot foto dan juga menjadi wahana wisata bagi warga Surabaya. Jadi, dengan semakin banyaknya pepohonan bisa menarik burung, kupu-kupu dan keanekaragaman hayati yang lain agar pengunjung juga bisa memiliki rasa bangga dan bisa menjaga tamannya,” ucap Chalid.

Chalid Buchari, Kepala DKRTH menyampaikan kepada peserta aksi tanam pohon dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia bahwa Taman Harmoni dulunya meruakan lahan pembuangan sampah, sehingga saat penanaman pohon nanti, karakter tanahnya pasti masih banyak ditemui sampah plastik yang tidak bisa hancur

Perwakilan sekolah yang hadir menjadi peserta tanam pohon terdiri dari SMPN 19, SMPN 6, SMPN 41, SMPN 40, SMKN 10, SMKN 1, SMAN 11, SMAN 17, SMAN 20, SMK Adhikawacana, SDN Tanah Kalikedinding I dan SDN Babatan IV. Menurut Andajani, guru pembina lingkungan 40, untuk kegiatan lingkungan jarak tempuh sekolah yang berada di daerah Bangkingan bukan menjadi penghalang, karena yang terpenting adalah kontribusi mereka untuk lingkungan.

“Apalagi ini momennya adalah memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia kak, jadi semangat dan motivasi tersendiri buat anak-anak,” ujar Andajani. Respon yang sama diungkapkan oleh Eka Fadiyah bersama dengan siswa kader lingkungannya, guru pembina lingkungan SMPN 6 ini mengaku sangat senang dan bangga bisa berpartisipasi untuk menjadikan Taman Harmoni dipenuhi keanekaragaman hayati yang dulunya itu adalah bekas pembuangan sampah.

“Amazing itu kalau kita menanam pohon di saat bulan puasa dan menanam pohonnya bersama dengan orang-orang hebat, orang-orang peduli lingkungan ditambah momen yang spesial untuk peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Tidak ketinggalan, karakter tanah di Taman Harmoni yang saat dipacul masih banyak terdapat sampah plastik. Hal ini bukti bahwa kemasan plastik memang sukar untuk diuraikan di dalam tanah,” cetus mantan guru SDN Ujung IX dan SMPN 60 ini.

Sementara itu, menindaklanjuti aksi penanaman 1000 pohon ini, Mochamad Zamroni, aktivis senior sekaligus presiden Tunas Hijau, mengatakan akan ada aksi tanam pohon berkelanjutan setelah hari lingkungan yang diperingati setiap tanggal 5 Juni. “Kami akan agendakan untuk tanam pohon lagi secara berkelanjutan sekaligus mendistribusikan bantuan pohon dari PLN ke beberapa wilayah kota Surabaya yang memungkinkan untuk ditanami pohon atau untuk hutan kota baru lagi. Aksi selanjutnya akan digelar setelah lebaran,” ujarnya. (ryn)

Keterangan Foto : Chalid Buchari, Kepala DKRTH bersama dengan pimpinan direksi PT PLN (Persero) dan ratusan siswa dan guru dari perwakilan SD, SMP, SMA dan SMK di Surabaya foto bersama setelah menanam pohon Jacaranda di Taman Harmoni dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tanggal 5 Juni

One thought on “Hari LH Sedunia, Ratusan Pelajar Tanam 1000 Pohon di eks TPA Keputih Bersama PLN

  1. Sungguh hal yang membahagiakan menjadi bagian yang ikut dalam kegiatan menanam 1000 pohon dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup yang dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2018. Kegiatan ini memberikan pesan yang sangat mendalam untuk melestarikan lingkungan yang ada di Taman Harmoni Surabaya.

    Terimakasih PLN, Tunas Hijau dan Pemerintah Kota Surabaya yang sangat peduli terhadap lingkungan kota Surabaya .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *