Gerimis mesra air hujan yang turun pagi itu tidak menyurutkan semangat ratusan siswa dan guru perwakilan SD, SMP, SMA dan SMK untuk menanam pohon di Taman Harmoni. Ditambah lagi, dalam kondisi berpuasa di bulan Ramadhan menjadi motivasi berlebih mereka untuk mengoptimalkan kegiatan tanam 1000 pohon Jacaranda di taman bekas pembuangan sampah. Aksi tanam pohon yang diselenggarakan Tunas Hijau bersama PT. PLN (Persero) bersama Pemerintah Kota Surabaya, Selasa (05/06).

Penanaman pohon sebagai bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Seduni yang diperingati setiap tanggal 5 Juni ini wujud nyata untuk semakin meningkatkan jumlah keanekaragaman hayati yang ada di sekitar Taman Harmoni dan menambah jumlah hutan kota yang ada di kota Pahlawan. Dengan menyesuaikan tema dunia untuk berhubungan dengan alam, Taman Harmoni dipilih sebagai lokasi karena latar belakang sebelumnya.

Dalam aksi tanam pohon setinggi 2 meter ini, Muhammad Caizar Antsalasa Laga, Pangeran Lingkungan Hidup 2017 turut pula berpartisipasi pada aksi penanaman pohon berbunga dalam keluarga Bignoniaceae dengan bunga berwarna ungu. Aksi Caizar yang menanam pohon bersama dengan Chalid Buchari, Kepala DKRTH bersama pimpinan direksi PT. PLN (Persero) mampu menjadi sorotan sekaligus ikon kegiatan lingkungan Tunas Hijau.

Perwakilan sekolah peserta tanamm pohon bersama direksi PT. PLN (Persero) Surabaya, Chalid Buchari, Kepala DKTH dan Pangeran LH 2017 foto bersama untuk kampanyekan ajakan ganti kemasan plastik sekali pakai dengan tas belanja ramah lingkungan pasca penanaman pohon pada peringatan Hari LH Sedunia di Taman Harmoni

“Saya senang sekali kak bisa menanam pohon di Taman Harmoni yang dulunya merupakan bekas lahan pembuangan sampah. Saya tadi juga melihat masih banyak sampah plastik yang tertimbun di tanah, maka dari itu memang harus diberi pohon agar bisa meningkatkan kualitas keanekaragaman hayati disini,” ujar Caizar. Bersama dengan ratusan siswa dan guru dari sekolah-sekolah lainnya, sedikitnya 70 pohon Jacaranda sudah tertanam hingga area belakang.

Menariknya, tidak hanya sekedar menanam pohon, di momen istimewa peringatan Hari Lingkungan ini pula pimpinan direksi PT. PLN (Persero) Surabaya mengajak Caizar dan seluruh peserta dari sekolah yang datang untuk mengurangi penggunaan kemasan plastik dengan membagikan tas belanja ramah lingkungan. Sumaryadi, General Manager PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali, mengajak peserta tanam pohon untuk tidak menggunakan kemasan plastik sekali pakai.

“Souvenir yang kami bagikanpun sepertina pas dengan ajakan yang kami galakkan yakni dengan tidak menggunakan kemasan plastik sekali pakai. Oleh karena itu, souvenir kami adalah tas belanja ramah lingkungan. Selain itu juga, tipikal tanah di Taman Harmoni ini juga banyak kemasan plastik karena dulunya jadi tempat pembuangan sampah, sekarang berubah menjadi hutan kota,” ucapnya. Peserta kegiatan juga diberikan souvenir berupa pot dan benih tanaman yang bisa ditanam dan dirawat sendiri di sekolah maupun di rumah. (ryn)

Keterangan Foto : Jajaran Direksi PT. PLN (Persero) Surabaya bersama Chalid Buchari, Kepala DKRTH dan Muhammad Caizar, Pangeran LH 2017 foto bersama untuk kampanye dan ajakn untuk kurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai dalam peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia di Taman Harmoni pasca penanaman pohon

One thought on “PT. PLN (Persero) Surabaya Ajak Ganti Tas Plastik Dengan Tas Kain

  1. Hai Lingkungan hidup yang jatuh pada 5 Juni di peringati oleh segenap penggiat lingkungan hidup yang ada di Kota Surabaya. Kali ini kegiatan tersebut di pusatkan di Taman Harmoni Surabaya yang dihadiri oleh Perwakilan Sekolah SMP dan SMA/SMK se-Surabaya dan beberapa tokoh masyarakat baik fomal maupun non formal. Kegiatan ini mendapat suoort dari PLN dengan kegiatan menanam 1000 pohon.

    Kegiatan menanam 1000 pohon ini untuk mengijaukan taman Harmoni yang masih luar areanya yang belum di tanamami tanaman, kita semua tahu dahulunya adalah tempat pembuangan sampah yang akhirnya di jadikan sebuah taman yang inidah.

    Gerakan ini akan dilanjukan setelah lebaran kata Presiden Tunas Hijau Indonesia yang menjadi pelaksana kegiatan, Semoga dengan kegiatan ini Surabaya akan semaakin hijau dan rindang sehingga tambah segar.

    salam bumi lestari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *