Beragam kegiatan dilakukan SDN Kedung Cowek I Surabaya dalam rangka peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73. Tidak hanya dengan menggelar beragam lomba seperti umumnya sekolah. Ada juga aksi nyata peduli lingkungan hidup.

Aksi nyata peduli lingkungan hidup yang dilakukan sekolah yang berlokasi di sekitar kaki Jembatan Suramadu ini adalah Aksi Menghadap Laut, Minggu (19/8/2018). Aksi ini diikuti oleh tim lingkungan hidup SDN Kedung Cowek I/253. Mereka terdiri dari 50 orang siswa kelas 5, 3 orang guru, dan kepala sekolah.

Aksi yang dilakukan adalah bersih-bersih pantai area Jembatan Suramadu Surabaya. “Kegiatan bersih pantai area Jembatan Suramadu Surabaya berlangsung selama 70 menit. Kami berhasil mengumpulkan sampah plastik 17 karung,” kata Siti Indayati, guru pembina lingkungan hidup SDN Kedung Cowek I Surabaya.

Seluruh peserta bersih-bersih pantai Jembatan Suramadu Surabaya setelah aksi Menghadap Laut

Indah, panggilan Siti Indayati, mengatakan bahwa sampah plastik yang berhasil dikumpulkan oleh para siswanya umumnya adalah kemasan makanan dan minuman sekali pakai. “Sebagian besar adalah sachet kemasan minuman dan bungkus snack. Banyak juga bungkus deterjen,” terang Indah.

Indayati menjelaskan bahwa aksi bersih-bersih pantai ini adalah bentuk partisipasi dari ajakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susy Pudjiastuti yang pada hari aksi yang sama menggelar aksi bersih-bersih sampah di 73 pantai di Indonesia.

“Ini lautku, lautmu, laut kita. Mari kita jaga kebersihan laut Indonesia dari sampah plastik. Salam zero waste,” ujar Kepala SDN Kedung Cowek I Sukarti, peraih penghargaan Eco Headmaster (Elementary) of the Year 2017 Surabaya Eco School. (*)

Pewarta: Mochamad Zamroni

One thought on “Aksi Menghadap Laut SDN Kedung Cowek I Surabaya

  1. Alhamdulillah saya Albyro Shaffara Sudianto dengan no peserta 259 masuk ke tahap berikutnya yaitu seleksi ke 3 … sangat bersyukur bisa lanjut … disini saya akan sedikit memperkenalkan tentang proyek saya yaitu… adopsi kantor SDN KALIASIN I untuk pengolahan sampah kertas Dimana kita bisa menggunakan sampah kertas lebih bermanfaat dan bisa menghemat listrik , menghemat pohon , menghemat biaya untuk pembuatan kertas baru, yang mana cara pembuatanya sangat mudah untuk kota lakukan sendiri … kita cukup membutuhkan bahan – bahan sebagai berikut 1. . Kertas bekas kita sobek kecil” 2. . Lalu kita blender atau kita remas” dengan sedikit air j hingga menjadi bubur. 3. . Lalu kita saring dengan cetakan yg kita buat dari kawat ram-ram’an yg dialasi plastik mika ukuran kertas A3 4. 4. . Selanjutnya kita keringkan pakai kanebo supaya hilang kandungan air pada bubur kertas tadi. 5. . Lalu siap kita keringkan kurang lebih 1 hari daaan taaaraa kita suadah akan bisa memperhunakan kertas nya soooo mudahkan temen temen cara pembuatanya Ayoooo mari kita mencoba untuk membuatnya ,,, Harapan saya dengan proyek saya ini saya bisa mengajak teman – teman semua untuk bisa ikut menghemat dan mengurangi sampah kertas ……. sooo tunggu apalagi MARI KITA giatkan penghematan dan mendaur ulang sampah kertas Mari kita jadikan kota kita ini kota yang ramah akan sampah kertas …. jangan lupa like yang banyak ya buat ALBYRO dengan no peserta 259 … biar bisa ketemu diseleksi selanjutnya C…U

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *