Lomba lingkungan hidup bagi Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, serta SMP dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) se Surabaya akan segera digelar kembali. Lomba yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya tersebut adalah Surabaya Eco School 2018, yang tahun ini menjadi tahun kedelapan.

“Kendalikan Sampah Plastik” atau “Beat Plastic Pollution” menjadi tema yang diangkat pada pelaksanaan Surabaya Eco School 2018 ini. Tema tersebut adalah tema nasional dan tema internasional lingkungan hidup tahun 2018 ini. Sengaja diangkat untuk sebagai upaya mendukung gerakan tersebut agar melokal.

Tema tersebut diangkat menjadi tema Surabaya Eco School 2018 juga agar gerakan peduli lingkungan hidup sekolah-sekolah Surabaya lebih mendunia dan dikenal secara internasional.

Lantas, apa target yang disasar dengan tema “Kendalikan Sampah Plastik” atau “Beat Plastic Pollution”? Melalui Surabaya Eco School 2018 ini, diharapkan jumlah sekolah yang bisa merealisasikan zero waste bisa lebih banyak. Targetnya, pada akhir tahun 2018, atau pada penghujung Surabaya Eco School 2018 bisa mencapai 50 sekolah.

Sekolah zero waste yang dimaksud adalah dari variabel kantin sekolah yang tidak lagi menyediakan makanan dan minuman dengan menggunakan wadah sekali pakai. Tidak pula dengan menggunakan potongan kertas minyak untuk tempat kue atau gorengan. Jadi hanya sampah organik yang dihasilkan dari kantin sekolah.

Sampai dengan akhir semester lalu, tahun ajaran 2017-2018, sekolah Surabaya yang telah merealisasikan zero waste adalah SDN Kaliasin I, SDN Bubutan IV, SDN Dukuh Menanggal I, SDK Santa Maria, SMPN 1, SMPN 11, SMPN 15, SMPN 40, SMPN 23, SMPN 24, SMPN 25, SMPN 26 dan SMPN 28.

Bagaimana  dengan sekolahmu?? (*)

Pewarta: Mochamad Zamroni

6 thoughts on “Dicari, Sekolah Zero Waste Surabaya Eco School 2018

  1. Kami warga SMPN 40 dengan tim kader LH yang tidak asing lagi yaitu Si Cilung Spenforty selalu siap merealisasikan program Zero Waste dengan beraksi nyata untuk “Kendalikan Sampah Plastik” atau ^Beat Plastic Pullution^, bersama Tunas Hijau Indonesia. *Saya Bisa, Kita Bisa, Semua Bisa, Luar Biasa*

  2. Keindahan pagi hanya akan bisa dirasakan oleh individu yang merasakan gelapnya malam KARENA Indahnya keberhasilan hanya akan bisa dirasakan oleh individu yang merasakan perjuangan pantang menyerah.

    SUKSES itu butuh PROSES bukan PROTES,, EcoSpenSix goes to Zero Waste School 2018,, kami SIAP menjadi lebih baik untuk diri, sesama & lingkungan,, memberikan yang terbaik untuk bumi bersama TUNAS HIJAU

    EcoSpenSix,,,??? YES, WE CAN,, Bismillah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *