Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, diperingati SDN Kedung Cowek 1/253 Surabaya dengan mengadakan aksi peduli lingkungan. Aksi yang dilakukan adalah menanam pohon cemara udang dan kegiatan bersih pantai di area sekitar kaki Jembatan Suramadu Surabaya. Aksi ini dilaksanakan Minggu (28/10/2018)

Kegiatan penanaman pohon cemara udang dan bersih pantai diikuti 140 siswa kelas 5 dan 22 pendidik serta tenaga kependidikan termasuk kepala sekolah dan komite sekolah. Selain warga internal sekolah pihak yang terlibat dalam aksi lingkungan hari ini adalah satu orang perwakilan dari kecamatan Bulak, dua orang perwakilan dari kelurahan Kedung Cowek, perwakilan RT dan RW, dan dua orang petugas pintu air sisi timur Jembatan Suramadu.

162 orang warga SDN Kedung Cowek I membersihkan pantai Jembatan Suramadu

“Aksi lingkungan penanaman cemara udang dan bersih Pantai Jembatan Suramadu berlangsung mulai dari pukul 06.00-08.00 WIB. Kegiatan diawali dari penanaman cemara udang dilanjutkan dengan bersih pantai,” kata Siti Indayati, guru pembina Surabaya Eco School 2018 SDN Kedung Cowek I.

Tujuan melakukan penanaman cemara udang dan bersih pantai Suramadu, menurut Indah, panggilan akrab Siti Indayati, selain untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda adalah untuk menjaga kebersihan laut di area pantai Suramadu dari sampah plastik. “Aksi ini juga untuk mencegah terjadinya abrasi atau pengikisan pantai,” tambah Indah.

Aksi peduli lingkungan hidup di pantai Jembatan Suramadu Surabaya ini diharapkan bisa memotivasi warga Kota Pahlawan Surabaya peduli dengan pantainya

Kepala SDN Kedung Cowek I Surabaya Sukarti mengatakan bahwa aksi lingkungan yang dilakukan warga sekolahnya ini juga untuk realisasi challenge II Surabaya Eco School 2018 yang diselenggarakan Tunas Hijau Indonesia bersama Pemerintah Kota Surabaya.

“Penanaman cemara udang dan bersih pantai Suramadu yang dilakukan warga SDN Kedung Cowek 1/253 didukung oleh Tunas Hijau Indonesia bersama Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Surabaya. (*)

Keterangan foto utama: Penanaman pohon cemaran udang oleh warga SDN Kedung Cowek I sebagai realisasi challenge II Surabaya Eco School 2018

Pewarta: Mochamad Zamroni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *