Berperawakan mungil, Baby Akhira Diandra, siswa kelas 6 SDN Jambangan I Surabaya sempat menggemparkan suasana pembekalan Vlog (video blog) Pahlawan Lingkungan Hidup 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya bersama Tunas Hijau, Jumat (16/11/2018).

Pada pembekalan Vlog Pahlawan Lingkungan Hidup 2018 itu diperuntukkan bagi guru dan siswa perwakilan SMP inklusi dan SMP terbuka Kota Surabaya itu, Baby, nama panggilannya, menjadi salah satu pematerinya.

“Membuat vlog sangat mengasyikkan. Saya biasanya mengawali vlog yang saya buat dengan ‘Hai Guest’ sambil kamera depan ponsel saya menghadap ke saya. Itu sekaligus sebagai pembuka dan serupa judul dari vlog yang saya buat,” kata Baby Akhira, pemilik hobi nge-Vlog dan gymnastic ini.

Baby mengaku biasanya membuat vlog dengan menggunakan ponselnya iPhone 6+. Software-nya iMovie. “Saya gemar membuat vlog sejak menjadi ketua divisi promosi tim hidroponik SDN Jambangan I. Sedikitnya satu vlog berdurasi 1 menit saya buat dalam sepekan,” ujar Baby Akhira Diandra yang bercita-cita menjadi jaksa seperti mamanya.

Pemilik proyek lingkungan hidup Adopsi Kampung Cincau di Jambangan ini mengaku banyak mendapatkan manfaat dari hobinya membuat vlog. “Hobi nge-Vlog ini menjadikan Saya sering mendapat tugas membuat video kegiatan sekolah. Termasuk mempromosikan proyek lingkungan hidup adik kelas saya saat menggelar workshop pembuatan tas belanja dari kaos bekas,” terang Baby, yang juga finalis putri lingkungan hidup 2018 ini.

Mengenai kiat membuat vlog, Baby menjelaskan bahwa sebaiknya tiap adegan pengambilan video berdurasi 5 – 8 detik. “Pencahayaan perlu diperhatikan saat melakukan pengambilan video. Obyek sebisanya dapat sinar alami yang cukup. Hindari mengarahkan kamera pada obyek bersinar,” terang siswa kelahiran Surabaya, 26 Juni 2007 ini.

Untuk bisa membuat vlog, menurut Baby sangat mudah kok. “Belajar nge-Vlog bisa dengan melihat contoh-contoh vlog yang banyak diunggah di instagram atau youtube. Segera memulai pembuatan adalah cara yang pas untuk cepat bisa,” terang Baby yang tinggal di Jalan Lebak Rejo 76 Surabaya ini. (*)

Penulis: Mochamad Zamroni

2 thoughts on “Baby Akhira Diandra, Vlogger Lingkungan Hidup SDN Jambangan I

  1. Keberadaan teknologi canggih pd ponsel serta inovasi2 aplikasiny. Dapat dimanfaatkan unt kgiatan yg positf, dan menggali potensi olh siswa zaman now. Spt kompetensi yg dimiliki Dik Baby Akhira, layak unt dikembangkan sbg life skill.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *