Sekolah Zero Waste menjadi salah satu target utama pelaksanaan Surabaya Eco School 2018 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya, serta didukung oleh PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur, PT Dharma Lautan Utama, Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya dan Hotel Ciputra World Surabaya.

Sekolah Zero Waste yang dimaksud adalah sekolah yang tidak menghasilkan sampah non organik wadah makanan dan minuman sekali pakai di kantin sekolah. Tujuannya, meminimalkan sampah non organik yang dihasilkan di sekolah

Pada 21 September 2018 lalu, saat launching Surabaya Eco School 2018 oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini di Graha Sawunggaling, “hanya” ada 15 sekolah zero waste di Surabaya. Pada Awarding Surabaya Eco School 2018 di Convention Hall Jalan Arief Rahman Hakim Surabaya, jumlah sekolah zero waste berhasil mencapai 61 sekolah.

Seluruh sekolah zero waste 2018 Surabaya itu mendapat penghargaan langsung dari Walikota Surabaya Tri Rismaharini pada Awarding Surabaya Eco School 2018 yang digelar bersama dengan program AdiSiswa Fiesta Surabaya ini. Penyerahan penghargaan itu disaksikan oleh lebih dari 3000 orang siswa SD dan SMP berprestasi Surabaya.

61 SD dan SMP Surabaya dinyatakan sebagai Sekolah Zero Waste dan mendapatkan penghargaan dari Walikota Surabaya Tri Rismaharini

61 sekolah zero waste Surabaya itu adalah SDN Babatan IV, SDN Balongsari I, SDN Banjarsugihan V, SDN Bubutan IV, SDN Bulak Rukem II, SDN Dr Soetomo I, SDN Dukuh Menanggal I, SDN Gunung Anyar Tambak, SDN Jajartunggal III, SDN Kaliasin I, SDN Kaliasin VII, SDN Kandangan III, SDN Kapasari VIII, dan SDN Karah I.

Sekolah zero waste lainnya adalah SDN Moro Krembangan I, SDN Ngagel I, SDN Pacar Keling X, SDN Pakis VIII, SDN Petemon, SDN Petemon II, SDN Putat Jaya I, SDN Putat Jaya II, SDN Rungkut Menanggal I, SDN Sememi I, SDN Semolowaru IV, SDN Sidotopo Wetan II, SDN Tanah Kali Kedinding I, SDN Tembok Dukuh, dan SDN Ujung IX.

Sekolah lainnya adalah SDN Wonokusumo I, SDK Santa Maria, SMPN 1, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 9, SMPN 6, SMPN 11, SMPN 12, SMPN 13, SMPN 15, SMPN 16, SMPN 19, SMPN 20, SMPN 23, SMPN 24, SMPN 26, SMPN 28, SMPN 29, SMPN 35, SMPN 36, SMPN 37, SMPN 40, SMPN 41, SMPN 46, SMPN 53, SMPN 55, SMPN 56, SMPN 57, SMPN 60 dan SMPN 61. (*)

Penulis: Mochamad Zamroni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *