Lomba Cipta Resep Makanan Minuman dan Ecobrick ala SDN Kaliasin I Surabaya

Hari Peduli Sampah Nasional 2019 (21 Februari) diperingati dengan cara unik oleh SDN Kaliasin I Surabaya. Diantaranya dengan Lomba Cipta Resep dan Penyajian Sehat Ramah Lingkungan bagi orang tua siswa. Ada juga Lomba Ecobricks bagi siswa kelas antar regu penggalang Pramuka kelas 4 dan 5. Kedua lomba itu dilaksanakan Jumat  (15/2/2019).

Pada lomba cipta resep, diantara bahan makanan/minuman yang digunakan harus memanfaatkan tanaman yang ada sekolah. “Diantara bahannya adalah belimbing wuluh, jahe, kencur, asam jawa, terong, lele, lidah buaya, dan tomat,” kata Sutiana, guru koordinator tim wirausaha lingkungan hidup Ecopreneur SDN Kaliasin I Surabaya.

Ada 22 peserta yang mengikuti Lomba Cipta Resep dan Penyajian Sehat Ramah Lingkungan ini. Ditambahkan Tri Wahyuningtyas, guru pembina lingkungan hidup, bahwa lomba cipta resep ini juga untuk menambah produk makanan/minuman ikon SDN Kaliasin I Surabaya.

“Selama beberapa tahun terakhir, SDN Kaliasin I Surabaya hanya memiliki produk olahan makanan minuman berupa Jaksa atau jahe Kalsa, nuget lele dan brownis terong. Melalui lomba ini Kalsa akan memiliki lebih banyak lagi makanan minuman ikon sekolah,” ujar Tri Wahyuningtyas.

Lomba Ecobrick antar regu penggalang Pramuka kelas 4 dan 5 SDN Kaliasin I Surabaya

Erni Dwi Suryaningtyas, wakil koordinator pembina Eco Mobile PJB Challenge 2019 SDN Kaliasin I Surabaya, mengatakan bahwa beragam olahan makanan dan minuman baru dihasilkan pada lomba itu. “Semua makanan dan minuman yang disajikan termasuk olahan baru dan disajikan dengan tanpa kemasan non organik sekali pakai,” ujar Erni.

Produk olahan makanan minuman itu diantaranya permen jahe susu, siomay ayam lele, bolu kukus terong keju, bothok daun singkong, lemet atau pluntir, jahe plethok, jeruk lemun selasih (sermunse), mie green & health, es kubingluh dan sinom ganteng. Ada juga giling daging tempe, kemaruk (kemangi jeruk nipis selasih), jemblem londo.

Produk lainnya adalah beras kencur, makaroni terong, tomyang bakso terong, bolsa (abon lele Kalsa), sushi terong ikan nila, minuman herbal sirih jahe, burger lele, sinom, cup cake terong Kalsa, wedang ronde, lumpur surga, bothok daun pepaya, selai blimbing wuluh, sirup blimbing wuluh, manisan blimbing wuluh, balado terong teri, dan kunyit asem.

Efi Yulistina, juri lomba yang juga komite sekolah, mengatakan bahwa lomba cipta resep ini adalah salah satu upaya aktif melibatkan orang tua siswa. “Melalui lomba ini, orang tua siswa juga diajak lebih mengenal potensi lingkungan hidup sekolah putra putrinya,” ujar Efi Yulistina. (*)

Keterangan foto utama: Abon lele Kalsa dan sushi terong ikan nila, diantara produk olahan makanan minuman karya orang tua siswa pada
Lomba Cipta Resep dan Penyajian Sehat Ramah Lingkungan

Penulis: Mochamad Zamroni

Satu tanggapan untuk “Lomba Cipta Resep Makanan Minuman dan Ecobrick ala SDN Kaliasin I Surabaya

  • Mei 12, 2019 pada 7:16 pm
    Permalink

    Lomba cipta menu potensi sekolah dengan melibatkan orang tua sangat menarik. Hal ini memberikan peluang dan akan muncul menu baru yang berkualitas pastinya. Selain itu pastinya siswa bangga dengan hasil karya menu makanan dan minuman .

    Terus berkarya dan tetap semangat buat tim lingkungan hidup SDN Kaliasin 1 Surabaya. Semoga sukses selalu

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *