Febri Dwi Cahyani, Sosok Kalem Pembina Lingkungan Hidup SDN Airlangga I Surabaya

Penampilan guru pembina lingkungan hidup SDN Airlangga I Surabaya ini sangat kalem. Sudah beberapa tahun ini dia aktif mendampingi pengelolaan lingkungan hidup di sekolahnya yang berlokasi di Kecamatan Gubeng. Tak ada sedikit pun nada pesimis yang muncul dari bibirnya. Terlebih ketika dia sedang mendampingi anak didiknya. Dialah Febri Dwi Cahyani.

Menjadi pendamping siswa dalam kegiatan lingkungan hidup merupakan salah satu pengalaman sekaligus pembelajaran yang sangat menyenangkan.

“Ikut merasakan antusias siswa serta melihat binar mata mereka ketika melakukan aksi lingkungan adalah pengalaman yang tidak bisa dideskripsikan,” ujar Febri Dwi Cahyani, guru pembina lingkungan hidup SDN Airlangga I Surabaya.

Lulusan Psikologi Universitas Airlangga Surabaya ini mengaku bahwa pada dasarnya dirinya adalah pribadi pemalu. “Saya adalah seorang yang pemalu dan penakut. Namun, dengan ikut mendampingi siswa berkegiatan lingkungan, saya bisa belajar bagaimana mengatasi hal itu,” kata guru yang baru melepas lajang pada awal 2019 ini. 

Febri mengaku menyisihkan ketakutan untuk berbicara di depan umum ketika memberi contoh kepada siswanya. Contoh yang dimaksud Febri adalah saat menawarkan produk hasil hidroponik.

“Karena bagi saya, siswa akan lebih bisa belajar jika mereka diberikan contoh secara langsung, tidak hanya dengan teori,” kata guru kelahiran Mojokerto, 8 Februari 1992.

Febri Dwi Cahyani saat mendampingi siswa kader lingkungan hidup SDN Airlangga I Surabaya merawat keranjang pengomposan takakura

Bagi Febri, terkadang para siswa kader lingkungan hidup yang didampinginya menjadi alarm bagi saya untuk selalu semangat. “Anak-anak itu luar biasa. Ketika terik matahari mulai menyengat, namun semangat masih sehangat sinar pagi,” tutur Febri Dwi Cahyani.

Dia mengaku belum banyak yang telah dilakukan. “Namun, di setiap langkah dan perjalanan ini, saya selalu berharap apa yang telah dilakukan oleh anak-anak di usia sekolah ini mampu membentuk karakter diri mereka. Dapat membuat siswa menjadi percaya akan dirinya, menjadi pribadi yang kuat, peduli dan kreatif,” jelasnya.

Sementara itu, Shanti Sri Rejeki, guru pembina lingkungan hidup senior SDN Airlangga I Surabaya, membanggakan Febri. “Febri merupakan sosok yang penolong. Apapun yang orang lain minta tolong, dia gak pernah bilang tidak. Orangnya asyik. Dia tidak hanya menyuruh anak-anak aksi lingkungan tapi juga memberikan teladan,” kata Shanti Sri Rejeki. 

Penulis: Mochamad Zamroni

Satu tanggapan untuk “Febri Dwi Cahyani, Sosok Kalem Pembina Lingkungan Hidup SDN Airlangga I Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *