Kartu Uno Peduli Lingkungan ala Puring SMPN 4 Surabaya

Beragam media permainan bertema peduli lingkungan hidup diprediksi akan dibuat oleh sekolah-sekolah peserta Eco Mobile PJB Challenge 2019 dalam dua pekan ini. Media permainan itu sebagai realisasi challenge/tantangan/tema III program lingkungan hidup yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama PT Pembangkitan Jawa-Bali dan Pemerintah Kota Surabaya.

Tim Pelajar Unggul Ramah Lingkungan SMPN 4 Surabaya (Puring Spenfora) menjawab challenge itu dengan membuat mainan kartu uno yang bertema lingkungan. Mereka membuatnya di ruang kelas 8G, Kamis (18/4/2019)

Cara mainnya sangatlah mudah sama seperti permainan kartu uno. Namun karena bertema lingkungan maka cara mainnya tidak melibatkan angka-angka seperti di kartu uno. Misalkan salah seorang pemain mengeluarkan kartu bergambar pohon, lalu pemain yang lain mengeluarkan api maka akan terjadi pemanasan global. 

Jadi teman yang mendapatkan giliran mengeluarkan kartu harus mengeluarkan kartu yang bergambar pemanasan global jika tidak punya kartu bergambar tersebut bisa mengambil kartu /dikenal dengan istilah “ngombe” seperti di permainan kartu uno.

Untuk cara membuatnya juga sangat mudah lho. Langkah pembuatannya adalah:

1. Gunting kertas karton menjadi beberapa persegi panjang 

2. Gambar sesuai keinginan dengan pensil

3. Tebali dengan spidol dan warnai

Permainan ini sangat menarik dan dapat dijadikan sebagai sarana belajar tentang sebab akibat serta dampak yang terjadi di lingkungan kita. Pastinya mudah. Selamat mencoba.

Sementara itu Eco Mobile PJB Challenge 2019 diikuti oleh SD dan SMP Surabaya yang telah mendapatkan penghargaan sebagai sekolah adiwiyata nasional/mandiri sebelum 2018. SMP yang mengikuti program ini adalah SMPN 4, SMPN 9, SMPN 11, SMPN 12, SMPN 16, SMPN 23, SMPN 24, SMPN 26, SMPN 28, SMPN 35, SMPN 36, SMPN 41 dan SMPK Stanislaus I.

Sedangkan SD yang mengikuti program ini adalah SDN Kandangan I, SDN Kaliasin I, SDN Kandangan II, SD Sekolah Alam Insan Mulia, SDN Kandangan III, SDN Sememi I, SDN Tenggilis Mejoyo I, SDN Perak Barat, SD Yamassa, dan SDK Santa Theresia I Surabaya. 

Penulis: Puring Spenfora

Penyunting: Mochamad Zamroni

Satu tanggapan untuk “Kartu Uno Peduli Lingkungan ala Puring SMPN 4 Surabaya

  • April 19, 2019 pada 6:01 am
    Permalink

    WoW… karya media permainan yang sangat menginspirasi. Boleh dong dicontoh, dengan menebar kebaikan kepada teman-teman yang lain berarti pahala juga mengalir, lho! Alhmdulillah.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *