Manfaatkan Libur Paskah, Tim LH SMPN 11 Surabaya Grebek Pasar Pabean

Ada cara tersendiri bagi tim lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya untuk memanfaatkan hari libur Paskah bagi umat Kristiani, Jumat (19/4/2019). Sekolah peserta Eco Mobile PJB Challenge 2019 ini memanfaatkannya dengan aksi grebek Pasar Pabean Surabaya.  

“Tidak banyak anggota tim kami yang bisa ikut, namun tetap semangat. Berbekal niat dan kemauan keras meski 3 orang bisa membawa 355 kg sampah sayur pasar,” ujar Suminah, guru pembina lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya. Aksi grebek pasar ini digelar selama 180 menit.

Aksi ini dilakukan untuk memenuhi media pengomposan yang dimiliki oleh sekolah yang berlokasi di Jalan Sawah Pulo 1 Surabaya ini. Ada 13 tong aerob dan 12 keranjang takakura bisa terisi. Suminah menjelaskan bahwa jenis sampah organik pasar tradisional mengandung banyak cairan. 

“Jenis sampah organik dari pasar tradisional bisa mempercepat proses pembusukan sampah dedaunan kering yang banyak di sekolah,” ujar Suminah. Aksi ini, menurut Suminah, sekaligus mengedukasi kepada para penjual dan pembeli pasar tradisional agar peduli kebersihan pasar.

“Lega rasanya bisa mengisi hari libur dengan aksi yang mulia. Semoga apa yang sudah kita lakukan membawa berkah bagi tim lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya,” tutur kader lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya Rizal.

Penulis: Rael/Suminah SMPN 11 Surabaya

Penyunting: Mochamad Zamroni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *