Sedekah Hijau Kartini Untuk Bumi Tim Jirowes SMPN 26 Surabaya

Minggu (21/4/2019) tak libur bagi para eksekutif student company Jirowes SMPN 26 Surabaya. Mereka memanfaatkan momen penghujung hari long weekend itu dengan aksi Sedekah Hijau. Aksi Sedekah Hijau itu untuk memperingati Hari Bumi sekaligus Hari Kartini sebagai realisasi challenge III Eco Mobile PJB 2019.

Pada pukul 05.30 WIB mereka sudah berkumpul di Taman Cahaya Pakal, Surabaya barat. “Untuk perempuan menggunakan kebaya, dan untuk laki-laki menggunakan kaus merah kebanggaan SMPN 26 Surabaya,” kata Cendra Ratusunset, siswa eksekutif Student Company Jirowes. Nampak juga orang tua dari TIM JIROWES, khususnya sosok Kartini yaitu “ibu” yang ikut serta.

“Kami menata 300 bibit tanaman pertanian yang kami dapat dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya hari Kamis lalu di dalam 5 keranjang buah, lalu menata bamboo straw, sabun meejel, lilin meejel, dan tas stroberi di meja lipat,” kata Sheva Edhu Wigraha, eksekutif Student Company Jirowes SMPN 26 Surabaya. Ada juga kertas bekas yang ditulisi macam-macam produk. 

Tim Jirowes SMPN 26 Surabaya membagikan tanaman pertanian gratis kepada masyarakat pengunjung Taman Cahaya Surabaya barat, Minggu (21/4/2019)

Pada aksi itu mereka menyiapkan 5 spanduk. Diantaranya adalah spanduk kosong dengan pertanyaan “Apa yang sudah kamu lakukan untuk menyelamatkan bumi?” Spanduk tersebut untuk ditandatangani oleh pengunjung Taman Cahaya yang menerima bibit tanaman gratis. Tidak hanya membubuhkan tanda tangan tapi juga tertulis pesan-pesan untuk bumi seperti “cintai bumi”, “sayangi air”, dan masih banyak lagi.

300 bibit tanaman habis terbagikan untuk ditanam oleh masyarakat di sekitar tempat tinggal mereka. Tim Jirowes juga menjelaskan cara merawat tanaman tersebut agar dapat tumbuh besar dan sehat.

Eco Mobile PJB Challenge 2019 diikuti oleh SD dan SMP Surabaya yang telah mendapatkan penghargaan sebagai sekolah adiwiyata nasional/mandiri sebelum 2018. SMP yang mengikuti program ini adalah SMPN 4, SMPN 9, SMPN 11, SMPN 12, SMPN 16, SMPN 23, SMPN 24, SMPN 26, SMPN 28, SMPN 35, SMPN 36, SMPN 41 dan SMPK Stanislaus I.

Sedangkan SD yang mengikuti program ini adalah SDN Kandangan I, SDN Kaliasin I, SDN Kandangan II, SD Sekolah Alam Insan Mulia, SDN Kandangan III, SDN Sememi I, SDN Tenggilis Mejoyo I, SDN Perak Barat, SD Yamassa, dan SDK Santa Theresia I Surabaya. 

Penulis: Jirowes SMPN 26 Surabaya

Satu tanggapan untuk “Sedekah Hijau Kartini Untuk Bumi Tim Jirowes SMPN 26 Surabaya

  • April 24, 2019 pada 11:45
    Permalink

    Tim jirowes SMPN 26 kalian hebat, mantap semangat dan terus beraksi untuk selamatkan bumi ini. Go go go and go . GOOD JOB FOR JIROWES SMPN 26 sby .Aksi kalian menjafi inspirasi sekolah dan pihak lainnya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *