Buru Berkah Puasa, SMPN 11 Surabaya Kampanye Lingkungan di Pasar Pegirian

Puasa Ramadhan bukan alasan untuk berhenti melakukan aksi lingkungan. Hal ini seperti dilakukan tim lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya. Mereka melakukan kampanye peduli sampah di Pasar Pegirian Surabaya, pada hari kesebelah Ramadhan 1440 Hijriyah, Kamis (16/5/2019).

“Kami tetap semangat dan terus peduli lingkungan meski saat ini lagi berpuasa Ramadhan dan  menjalani penilaian akhir tahun 2019. Tentunya setelah penilaian akhir tahun sekolah,” ungkap koordinator bidang lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya Luluk Zunairoh.

Pada kampanye itu tim lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya mengajak pedagang dan pengunjung pasar untuk belanja dengan mengurangi tas kresek. “Kurangi penggunaan tas kresek saat belanja. Tas kresek biasanya hanya sekali pakai setelah itu jadi sampah. Mari gunakan tas belanja non kresek yang bisa digunakan berulang kali,” kata Bening, siswa kader lingkungan hidup SMPN 11 saat kampanye.

Mereka lantas membagikan tas kain kepada pengunjung. ”Dengan tas kain ini sebisa mungkin kami mengajak pedagang dan pengunjung pasar untuk beralih dari penggunaan tas kresek ke tas kain,” tutur Bening.

Satu kali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Mereka juga memanfaatkan kampanye itu dengan aksi grebek pasar. “Sampah sayur sebanyak 50 kg berhasil kami kumpulkan untuk pengomposan sampah organik di sekolah. Tidak terlalu banyak sampah sayur yang kami dapat karena waktu sudah siang. Mari memburu berkah di bulan puasa,” tutur Rael yang juga anggota tim lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya.

Oleh: Aditia Hermanto, Suminah

Penyunting: Mochamad Zamroni

2 tanggapan untuk “Buru Berkah Puasa, SMPN 11 Surabaya Kampanye Lingkungan di Pasar Pegirian

  • Mei 18, 2019 pada 11:22
    Permalink

    Mari kita sisakan sekian persen di hati kita untuk peduli lingkungan. Lingkungan hidup sumber kehidupan kita. Jangan pernah berpikiran aksi lingkungan itu hina dan dia dia. Sejatinya apa yang ada di alam ini hanya titipan semata. Ingat ada hak untuk anak cucu kita.

    Jadi mari kita jaga alam ini dengan aksi peduli lingkungan. Percaya Allah tidak sate ( tidur) . Kebaikan yang kita tanam niscaya kebaikan pula yang akan diberikan kita .

    Jadi berbuat baik lah kepada apa saja termasuk kepada alam ini meski hanya sederhana. Terlebih di bulan Ramadhan ini.

    Balas
  • Mei 22, 2019 pada 18:00
    Permalink

    Mari kita tingkatkan kualitas prestasi lingkungan hidup kita utamanya adalah dengan banyak banyak melakukan aksi pengabdian terhadap lingkungan Karena kita hidup di alam dan suatu saat kita akan kembali ke alam juga.
    Apalagi sekarang kita sedang melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan , akan lebih baik lagi kalau kita berbuat banyak kebaikan di bulan yang penuh berkah ini salah satunya adalah dengan mengabdi kepada lingkungan dengan hal hal yang positif seperti aksi Lingkungan yang biasa kita terapkan sehari hari. Karena insyaallah dengan kita peduli, cinta, dan berbudaya Terhadap Lingkungan niscaya Allah SWT akan memberikan pahala yang berlipat ganda karena selain kita beribadah dengan khusyuk di bulan Ramadhan ini , tidak ada salahnya kalau kita juga berburu berkah kebaikan Ramadhan dengan melakukan kegiatan positif Lingkungan.

    Mari kita tebar kebaikan Ramadhan dengan aksi bernuansa Lingkungan!!!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *