Cara Efektif Membasmi Ulat Kaki Seribu

Kaki seribu atau dikenal dengan sebutan keluwing adalah salah satu hewan kebun yang kehadirannya cukup meresahkan. Banyak orang merasa takut jika bertemu dengan kaki seribu karena bentuk fisik dari hewan ini menyerupai kelabang.

Tentu saja anggapan tersebut tidak benar. Kaki seribu tidak sama dengan kelabang. Hewan ini juga tidak memiliki racun yang berbahaya bahkan cenderung pemalu. Kalau kita sentuh sedikit saja, maka kaki seribu akan melingkarkan tubuhnya sebagai tanda perlindungan diri.

Meskipun tidak berbahaya, namun perlu adanya tindakan yang tepat untuk membasmi hama ulat kaki seribu ini agar tidak semakin mewabah. Tidak bisa hanya dilakukan dengan membunuh atau menyingkirkan satu – dua ekor kaki seribu saja.

Ulat kaki seribu memiliki banyak telur dan larva yang sudah siap untuk kembali menyerbu perkebunan Anda. Bahkan pada beberapa kasus, ulat kaki seribu dewasa akan masuk ke dalam rumah.

Lalu bagaimana cara membasmi hama ulat kaki seribu yang benar? Berikut beberapa cara efektif yang bisa dilakukan:

1. Gunakan Furadan

Ada yang berpendapat bahwa penggunaan furadan tidak dianjurkan karena bisa merusak kesuburan tanah. Namun pendapat tersebut tidak seratus persen benar. Penggunaan furadan yang tepat sesuai dosis dan aturan pemberian bukanlah suatu permasalahan.

Taburkan sedikit furadan di tempat-tempat kaki seribu biasa bersembunyi, diantaranya di balik batu, pada dedaunan kering, juga pada pot tanaman. Tunggu beberapa saat dan hama ulat kaki seribu akan mati dengan sendirinya.

2. Berikan Akses Pada Sinar Matahari

Lahan atau rumah yang sering didatangi oleh hama ulat kaki seribu mengindikasikan bahwa lingkungan yang lembab. Sebaiknya sering-sering membuka jendela rumah atau memberi lubang angin yang cukup agar sinar matahari dapat masuk ke dalam.

Demikian pula pada kebun pertanian. Bersihkanlah dari tanaman yang terlalu tinggi atau rimbun, agar sinar matahari bisa menembus. Dengan mengurangi kelembapan, maka suatu tempat akan terbebas dari hama ulat kaki seribu.

3. Bersihkan Rumah dengan Karbol

Hama kaki seribu tidak menyukai bau yang menyengat, karena itulah gunakan karbol atau pembersih lantai lainnya untuk mengepel dan menghadirkan bau yang tajam seperti bau pine di rumah. Niscaya hama kaki seribu akan enggan untuk sekedar mampir ke dalam rumah.

4. Berikan Insektisida atau Kapur Semut

Seperti halnya bau karbol yang menyengat, hama kaki seribu juga tidak senang dengan kapur semut. Berikan atau garisi akses masuk kaki seribu dengan kapur semut untuk menghalangi masuk ke dalam rumah. Melingkari lubang sembunyi dari hama kaki seribu juga bisa dilakukan agar binatang tersebut tetap berada dalam sarangnya.

5. Mengusirnya Secara Langsung

Hama kaki seribu adalah hewan yang berjalan lambat, karenanya akan dengan mudah dapat dibunuh dan disingkirkan. Cara ini cukup praktis dan tidak membutuhkan banyak upaya, namun kelemahannya tentu saja akan membutuhkan waktu yang lama disamping bau dari kaki seribu yang tidak enak jika dibunuh.

Lagi pula cara tersebut tentu tidak akan efektif mengingat di luar sana masih banyak telur atau larva yang siap berkembang biak.

Dampak Negatif Kaki Seribu

Kaki seribu memang tidak menggigit atau pun menimbulkan kerusakan parah terhadap perkebunan, namun kehadirannya akan menimbulkan dampak negatif. Terlebih jika sudah beranak pinak dan mewabah di lingkungan sekitar. Inilah alasan mengapa harus dikontrol/dikendalikan keberadaannya.

1. Dapat Merusak Akar

Sebenarnya kehadiran hama kaki seribu pada perkebunan tidaklah sepenuhnya merugikan. Kaki seribu dapat perperan seperti cacing yang mengurai daun dan sampah di dalam tanah sehingga ikut berperan dalam kesuburan. Namun populasinya yang berkebihan dan kurangnya bahan makanan di habitatnya bisa membuat hama ini menjadi pemakan akar tanaman yang masih muda. Karena itulah kaki seribu baiknya segera dibasmi.

2. Mengundang Hadirnya Kelabang

Dalam rantai makanan, kaki seribu kecil adalah mangsa atau makanan dari kelabang. Kehadiran hama kaki seribu dalam jumlah yang besar dapat mengundang kelabang. Hal ini tentu semakin tidak baik, mengingat kelabang memiliki racun yang berbahaya bagi manusia.

3. Kehadiran Kaki Seribu di Rumah Berbahaya

Kaki seribu yang berukuran kecil atau ulat gagak bisa saja masuk ke dalam telinga manusia ketika tidur. Hewan ini akan mengeluarkan semacam lendir yang bisa membuat beberapa orang menjadi alergi dan gatal-gatal. Dari pada menghadapi resiko yang tidak menyenangkan tersebut, pasti akan lebih baik untuk segera mengambil langkah memusnahkan hewan ini.

4. Pembengkakan Permukaan Kulit

Pada orang yang tidak tawar dengan kehadiran kaki seribu atau lendirnya, alergi yang ditimbulkan bisa lebih parah dari sekedar gatal-gatal. Beberapa akan mengalami pembengkakan pada area tubuh yang terkena interaksi bahkan hingga demam.

Penulis: Mochamad Zamroni

21 tanggapan untuk “Cara Efektif Membasmi Ulat Kaki Seribu

  • Februari 17, 2020 pada 15:05
    Permalink

    Di rumah su bnyk sejenis kaki seribi hitam kcl2 ..betasala awalmya daribtamah kosong sblh rumah sy..dan iti keluar smnjak hbs musim banjir kem
    aren…tiap hari di ruamh di mana2 bnyk..klo di kpulin bs puluhan ekor..gana ya cara yg bnr untuk membasminya??

    Balas
    • Februari 17, 2020 pada 15:49
      Permalink

      Hindari kelembaban di area sekitar tanaman. Biasanya kelembaban menjadi tinggi karena kurang sinar matahari

      Balas
    • Maret 11, 2020 pada 14:26
      Permalink

      Kalo di tmpt sya juga banyak bahkan puluhan ekor sama telur nya , dia juga ad dtmpt kering , kalo basmi nya pke baygon bsa jga gk min …

      Balas
      • Juli 4, 2020 pada 23:57
        Permalink

        Dsemprot baygon dia mati mas. Dirumah saya sering dimasuki kaki seribu n saya semprot baygon biar mati, sering juga masuk ke garasi trus dia mati kering karena kepanasan. Sayangnya ga ketauan dimana sarangnya padahal pengen basmi karena geli n risih liatnya

        Balas
        • Juli 8, 2020 pada 09:46
          Permalink

          Diinjak juga mati kok. Kena sinar matahari beberapa menit juga akan mati

          Balas
  • Mei 8, 2020 pada 13:20
    Permalink

    Terima kasih untuk artikelnya yg menambah pengetahuan tentang keluwing / ulat gonggok ini.
    Sehabis banjir awal thn 2020 memang jadi banyak keluwing di sekitar lingkungan kami.

    Balas
  • Mei 10, 2020 pada 07:59
    Permalink

    Di rumah saya pun bnyak, sampe ke bantal jadi susah buat tidur suka parnoan lelah bgt ngurusinnya udh saya buang 1, galama ada lagi pdhal diretas saya tdk ada tanaman

    Balas
    • Mei 11, 2020 pada 02:01
      Permalink

      Coba dicari indukannya di tempat yang biasanya lembab, terus dibunuh saja. Bisa jadi di pot tanaman. Setelah itu atur agar tempat lembab itu bisa terkena sinar matahari terik. Biasanya setelah itu akan hilang.

      Balas
    • Juli 21, 2020 pada 21:31
      Permalink

      11 bulan tinggal di rmh sekarang, baru kuranglebih 1,5 bulanan ini muncul kluwing/kaliseribu.
      Saya pikir tadinya kluar dr bawah kayu lemari dapur yg lembab krn ketetesan air dr zink. Tapi ternyata di carport yg tidak lembab pun muncul juga. Dalam rumah tiba”muncul ga ketauan dr mna. Cukup risih. Krn sempat merambat di tembok.Sehari bisa 10_12 an ekor.

      Bgm membasminya ya? Slama ini cuma semprot baygon dikit, ambil tisu & kertas, lalu buang. Lalu ada lagi..ada lagi.

      Balas
      • Juli 27, 2020 pada 09:27
        Permalink

        Menurut pengalaman saya, yang di carport bukan habitat utamanya. Hanya jalan-jalan aja ke carport. Coba cari tempat lembab, atau kurang sinar matahari di sekitar tanaman. Di situ biasanya indukannya berada. Biasanya di tumpukan dedaunan

        Balas
  • Juni 28, 2020 pada 22:25
    Permalink

    Di lantai 3 rumah saya ada tempat buat bercocok tanam pas banget di atas kamar sayatempatnya, jadi suka tiba2 muncul dikamar kaki seribunya jadi gimn solusinya apa harus di bersihin tempat bercocoktanamnya?

    Balas
    • Juli 1, 2020 pada 08:54
      Permalink

      Hindari tempat yang lembab. Jangan ada tumpukan dedaunan kering di antara tanaman yang dirawat

      Balas
    • Juli 2, 2020 pada 04:15
      Permalink

      Di rumah saya akhir2 ini sering sekali kedatangan hewan ini. Saya heran darimana datangnya,karena hewan ini sering muncul secara tiba2. Padahal rumah saya tiap hari dibersihkan dan bukan termasuk daerah lembap.rumah saya juga jauh dari sungai dan persawahan. Dan dirumah saya juga tidak ada tanaman. Tolong infonya yang tau penyebab nya apa kira-kira🙏

      Balas
      • Juli 2, 2020 pada 21:00
        Permalink

        Kalau tidak lembab, sangat mungkin karena kurang sinar matahari. Atau berada di bawah tumpukan dedaunan kering

        Balas
        • Juli 20, 2020 pada 22:33
          Permalink

          Di kamar mandi lantai 1 rumah saya belakangan ini sering muncul sejenis ulat yang kaki nya banyak mirip ulat kaki seribu, cuma lebih kecil2 ukurannya dan lebih pipih dari pada ulat kaki seribu. Sela2 keramik yang bolong juga uda di nat dan uda di kasi karbol juga, tapi jadinya keluar dari saluran air, bahkan sampai keluar2 dari kamar mandi dan naik sampai ke tangga. Bahkan beberapa hari belakangan, ulat nya malah muncul lewat saluran air di kamar mandi lantai 2 dan uda sampai masuk ke kamar tidur. Jadi bingung mesti pakai pembasmi/obat apa lagi dan harus cari sarangnya dimana, mohon pencerahannya 🙏🏻. Terima kasih

          Balas
          • Juli 27, 2020 pada 09:30
            Permalink

            Segera cari induknya trus dibunuh. Yang kecil hanya anakannya. Induk setiap hari bisa beranak dalam jumlah yang banyak. Bisa jadi indukan tidak berada di tempat samping rumah yang rimbun, lembab dan kurang sinar matahari bagian bawahnya.

  • Juli 19, 2020 pada 09:46
    Permalink

    rumah saya juga sering kedatangan hewan ini yg tiba2 muncul gaktau darimana asalnya, pdahal stiap hari rumah selalu saya bersihkan dan saya pel..
    jendela slalu saya buka,matahari jg masuk kerumah,tanaman disekitar gak adaa..kira2 penyebabnya apa ya?apa ada rumahnya atau semacam telur yg bersembunyi gituu?tolong kasih pencerahannya, terimakasih🙏

    Balas
    • Juli 19, 2020 pada 15:02
      Permalink

      Kemungkinan di sekitar ada yang lembab dan tumpukan dedaunan di pot bawah tanaman. Coba cari indukannya di tempat ini

      Balas
  • Juli 25, 2020 pada 00:01
    Permalink

    Didaerah km lmyan bnyk luing yg kecil” wrna merah ssah dbasmi krna sking bnyaknya bkn cm drmah kmi tp skmpung krna bnyk yg mngluh anhnya dlu ngk ada skrg mlh bnyak klo mau tdr cek tmpt tdr dlu dbrsihkan klo ngk bsa msk tmpt tdr geli….

    Balas
  • September 2, 2020 pada 00:56
    Permalink

    Di Kamar saya juga sering muncul kaki seribu saat malam

    Jadinya saya tidak bisa tidur karena saya punya ank bayi .
    Takut sekali , jika tiba2 saja masuk di Lubang Telinga .
    Padahal kamar sering dibersihkan + Kasurnya d Jemur setiap hari Minggu .
    Kita juga sudah pake Kapur Ajaib tapi tidak mempan .
    Ditambah lagi kita tidak tau kaki seribu datang dari mana ? Karena tiba2 saja sudah di Kasur .
    Gimana lagi yah caranya ??

    Balas
    • September 6, 2020 pada 11:07
      Permalink

      Asalnya bukan dari kamar. Tapi dari luar rumah yang di situ ada tanaman, yang di bawahnya biasanya ada tempat lembab seperti tumpukan sampah dedaunan. Coba saja dibersihkan tumpukan sampah dedaunan atau sejenisnya itu.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *