Eco Bazar Ramadhan ala The Asoka SMPN 40 Surabaya

Perusahaan Siswa ‘The Asoka Team’ SMPN 40 Surabaya menggelar bazar produk makanan minuman menjelang buka puasa, bertepatan dengan hari ke-13 Ramadhan 1440 Hijriyah, Sabtu (18/5/2019).  Bazar Ecopreneur ala SMPN 40 Surabaya ini bertujuan untuk meraih berkah di bulan Ramadhan.

Di antara produk olahan makanan dan minuman yang dijual adalah teh asoka, tahu isi, lumpia ayam, risoles mayo, puding jagung, dan kue tok. Bazar ini digelar dengan tetap menerapkan tekad zero waste-nya, untuk mengendalikan sampah kemasan plastik sekali pakai.

Bazar ini tidak diadakan di Surabaya, namun mereka mencoba membuka standnya di antara keramaian masyarakat Perumahan Kota Baru Driyorejo Gresik. Di sepanjang jalan jalur utama perumahan KBD merupakan areal pasar kaget yaitu pasar yang digelar pada hari-hari tertentu saja. 

Suasana tersebut dimanfaatkan oleh The Asoka Team SMPN 40 Surabaya untuk meraih berkah di bulan Ramadhan. “Waah, ramai yaa promosi jualannya. Unik juga pakai topeng,” ujar Lisa yang memborong lumpia ayam dan risoles mayo. 

Topeng yang dikenakan oleh semua siswa kader lingkungan hidup eksekutif perusahaan siswa The Asoka SMPN 40 saat menggelar bazar memang terbukti menarik perhatian masyarakat. “Banyak cara digunakan untuk menarik perhatian konsumen. Tapi tidak dengan menghalalkan segala cara,” kata Andajani, guru pembina lingkungan hidup SMPN 40 Surabaya. 

Begitu pun dengan Yadi, penjual buah potong yang bersebelahan dengan stand ecopreneur mereka, mengatakan bahwa standnya ramai dan heboh menawarkan dagangannya. Mereka memulai buka stand sekitar pk.15.45, semakin mendekati maghrib pengunjung pun makin ramai. Sekitar 10 menit sebelum adzan maghrib berkumandang, produk mereka pun tak tersisa. 

Penulis: M. Nouval, SMPN 40 Surabaya

Satu tanggapan untuk “Eco Bazar Ramadhan ala The Asoka SMPN 40 Surabaya

  • Mei 19, 2019 pada 8:04 pm
    Permalink

    Hai apa kabar tim Asoka SMPN 40 Surabaya. Tetap eksis fan kompak banget . Semangat yang luar biasa selalu menyertai tim Ecopreneur ini. Meraih berkah di bulan Ramadhan . Tetap terapkan Zero Waste . Semangat terus ya Bunda Yani yang tiada lelah mendampingi tim Asoka. Good Job

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *