Hama Tikus Menyerang Hidroponikku

Tikus termasuk jenis hama yang sangat mungkin mengganggu tanaman hidroponik kita. Tidak jarang tanaman hidroponik, khususnya sayuran, yang sebelumnya segar dan cantik, menjadi mati dan bahkan habis dalam semalam, bahkan sekejap.

Hama tikus pada hidroponik bisa diatasi dengan menggunakan tumbuhan yang tidak disukai. Bisa dengan menggunakan wewangian atau aroma yang menyengat. Bisa juga dengan memanfaatkan hewan pemangsa atau pengganggunya.

Pernahkah nemu buah mengkudu? Bau buah mengkudu memang sangat menyengat. Di balik bau menyengatnya buah mengkudu, terbukti ada yang bisa dimanfaatkan.

Bau buah mengkudu yang menyengat dan kurang enak, terbukti mampu mengusir hama tikus. Caranya cukup mudah. Ambil buah mengkudu, lalu bisa dipotong atau diremas dan diletakkan di dekat tanaman hidroponik kita.

Pemanfaatan kulit durian yang baunya juga menyengat juga bisa dilakukan untuk mengusir tikus pada hidroponik kita. Caranya sama. Cukup letakkan kulit durian pada bagian yang dilalui tikus. Ingat ya, cukup kulitnya durian. Isinya sebaiknya dimakan saja.

Sedangkan hewan yang bisa dijadikan pengusir tikus diantaranya adalah jangkrik. Tapi pastikan jangkriknya dalam jumlah banyak ya. Sehingga suaranya bisa terdengar lantang. Kalau jumlah jangkriknya sedikit, atau bahkan satu, khawatirnya malah jangkriknya takut berbunyi ketika tikusnya datang.

Penggunaan olie bekas juga bisa dilakukan untuk mengusir tikus. Ingat ya, olie bekas. Kalau olie yang masih baru sebaiknya digunakan untuk mesin kendaraan bermotor kita saja. Olie bekas tidak disukai oleh tikus.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Bila juga menambahkan dari hasil uji coba sendiri di kebun hidroponiknya. Semoga bermanfaat.

Penulis: Imam Subroto

Penyunting: Mochamad Zamroni

2 thoughts on “Hama Tikus Menyerang Hidroponikku

  • Juli 18, 2019 pada 16:39
    Permalink

    Dengan menggunakan cara itu tidak hanya bisa bermanfaat bagi tanaman kita cara itu juga bermanfaat bagi kita untuk menjaga tanaman kesayangan kita. Penggunaan bahan-bahan yang tidak terduga pun ternyata bisa untuk mengusir hama tikus penggunaan bahan-bahan ini sungguh hal yang sangat aman dan perlu kita coba untuk mengusir hama tikus ditanaman kita
    INGE FRIDAYANTI LISMAWATI
    SMPN 37 SURABAYA

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 16:21
    Permalink

    Cara itu sangat membantu,dan bisa mengusir hama tikus yang sangat berbahaya bagi tanaman yang disayangi. Barang-barang yang sudah tidak di gunakan pun bisa berguna yaitu untuk mengusir hama tikus.
    Lusiana Salsabila
    SMPN 5 Surabaya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *