Hama Tikus Menyerang Hidroponikku

Tikus termasuk jenis hama yang sangat mungkin mengganggu tanaman hidroponik kita. Tidak jarang tanaman hidroponik, khususnya sayuran, yang sebelumnya segar dan cantik, menjadi mati dan bahkan habis dalam semalam, bahkan sekejap.

Hama tikus pada hidroponik bisa diatasi dengan menggunakan tumbuhan yang tidak disukai. Bisa dengan menggunakan wewangian atau aroma yang menyengat. Bisa juga dengan memanfaatkan hewan pemangsa atau pengganggunya.

Pernahkah nemu buah mengkudu? Bau buah mengkudu memang sangat menyengat. Di balik bau menyengatnya buah mengkudu, terbukti ada yang bisa dimanfaatkan.

Bau buah mengkudu yang menyengat dan kurang enak, terbukti mampu mengusir hama tikus. Caranya cukup mudah. Ambil buah mengkudu, lalu bisa dipotong atau diremas dan diletakkan di dekat tanaman hidroponik kita.

Pemanfaatan kulit durian yang baunya juga menyengat juga bisa dilakukan untuk mengusir tikus pada hidroponik kita. Caranya sama. Cukup letakkan kulit durian pada bagian yang dilalui tikus. Ingat ya, cukup kulitnya durian. Isinya sebaiknya dimakan saja.

Sedangkan hewan yang bisa dijadikan pengusir tikus diantaranya adalah jangkrik. Tapi pastikan jangkriknya dalam jumlah banyak ya. Sehingga suaranya bisa terdengar lantang. Kalau jumlah jangkriknya sedikit, atau bahkan satu, khawatirnya malah jangkriknya takut berbunyi ketika tikusnya datang.

Penggunaan olie bekas juga bisa dilakukan untuk mengusir tikus. Ingat ya, olie bekas. Kalau olie yang masih baru sebaiknya digunakan untuk mesin kendaraan bermotor kita saja. Olie bekas tidak disukai oleh tikus.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Bila juga menambahkan dari hasil uji coba sendiri di kebun hidroponiknya. Semoga bermanfaat.

Penulis: Imam Subroto

Penyunting: Mochamad Zamroni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *