Hidup adalah Pilihan yang akan Menentukan Masa Depan

Saya adalah seorang ibu rumah tangga biasa. Saya memilih meninggalkan dunia kerja untuk kemudian lebih memilih menghabiskan waktu saya untuk mengabdi sepenuhnya untuk keluarga kecil saya. Bagi saya uang bisa dicari tapi kesempatan untuk mendampingi dan melihat langsung setiap pertumbuhan anak-anak saya tidak akan pernah terulang.

Saya bisa punya banyak waktu untuk memantau pendidikan serta kegiatan sekolah anak-anak saya. Ketika di sekolah anak saya ada kegiatan ecopreneur yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya serta didukung oleh Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, dengan segala program-programnya, saya pun mencoba menerapkannya di rumah.

Mungkin tidak semua tapi dengan sedikit hal-hal kecil yang rutin pasti menciptakan kebiasaan yang baik seperti membuang sampah pada tempatnya, menghemat air, menyiram tanaman, membawa kantong sendiri ketika belanja dan lain-lain.

Pun ketika saya dipercaya sekolah untuk mengolah hasil kebun sekolah menjadi produk yang bisa dijual, saya pun melibatkan anak-anak saya. Saya membuat kue bolu sawi. Setiap pagi ketika berangkat sekolah, sang kakak yang membawa kue bolu sawi buatan saya ke kantin sekolah, untuk kemudian sore harinya sang adik yang membawa pulang nampan-nampan kuenya. 

Dengan hal sederhana itulah saya melatih kepedulian dan kepatuhan serta jiwa wirausaha dan kepedulian lingkungan hidup kedua anak laki-laki saya. Memang bukan hal yang mudah, tapi itu adalah hal yang membanggakan bagi saya.

Mengarahkan dan mendidik anak-anak ke arah yang lebih baik memang butuh waktu. Pun sebaliknya menjadikan anak salah arah pun juga karena waktu. Jadi tergantung pilihan kita sekarang, menghabiskan waktu untuk hal-hal kebaikan atau keburukan.

Saya memilih untuk berbuat kebaikan walaupun itu hanya sedikit karena bagi saya tidak merugi. Satu kebaikan pun di dunia ini pasti akan ada balasannya, kalaupun bukan kita sekarang yang menikmatinya mungkin kelak untuk anak cucu kita. Aamiinn..

Opini Orang tua siswa tentang Ecopreneur 2019 

Oleh: Lilik Dwi, orang tua siswa SDN Banyu Urip III Surabaya

17 tanggapan untuk “Hidup adalah Pilihan yang akan Menentukan Masa Depan

  • Mei 28, 2019 pada 21:27
    Permalink

    Benar sekali , saya sangat sependapat dengan apa yang telah diterapkan oleh ibu yang juga wali murid. Kebaikan yang sudah kita lakukan akan kembali lagi kepada kita kalau tidak saat ini yakin di masa depan bisa jadi anak cucu kita.
    Jadi jangan ragu untuk berbuat baik utamanya peduli lingkungan.

    Balas
    • Juni 30, 2019 pada 16:05
      Permalink

      Mantap sekali artikelnya. Hidup memang pilihan, kalau sudah memilih maka harus betani dengan segala resikonya. 💐💐💐💐💐💐💐💐💐👍👍👍👍👍👍

      Balas
    • Juli 19, 2019 pada 20:45
      Permalink

      HIDUP ITU ADALAH PILIHAN.
      Itulah yg selalu di terapkan oleh orang tua saya. Karena banyak sekali yg salah jalan di karenakan salah menentukan pilihan dlm hidup. Sama hal nya di kala kita memilih jurusan dlm pendidikan apabila kita salah memilih yg tdk sesuai dg kepandaian kita dlm ilmu studio maka kita tak akan mendapatkan apapun hanyalah penyesalan hidup krn salah memilih.
      Dengan berdoa dan mengikuti petunjuk orang tua maka kita tdk akan salah dlm pilihan hidup.

      Balas
  • Juli 18, 2019 pada 18:15
    Permalink

    Hidup itu sebuah pilihan,disaat kita tidak memilih maka itulah pilihan kita.Dan pilihan pilihan kita tersebutlah yang nantinya akan mempengaruhi masa depan kita,
    Sukses terus bagi kalian yang masih mau menjaga lingkungan kita bersama

    Balas
  • Juli 18, 2019 pada 20:51
    Permalink

    saya sangat setuju, untuk wali murid terutama, menerapkan perilaku yang baik juga akan menentukan masa depan kita, gerakan yang dilakukan oleh tunas hijau juga akan mengubah keadaan bumi di masa depan, menerapkan bisa juga dilakukan dengan hal kecil misalnya, tidak membuang sampah sembarangan, itu juga akan membuat bumi kita akan menjadi lebih baik.

    Balas
  • Juli 18, 2019 pada 21:03
    Permalink

    Hidup memanglah pilihan,kalau telah memilih pilihan itu kita harus berani menghadapi resiko dan harus berani bertanggung jawab

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 08:19
    Permalink

    benar hidup adalah pilihan, bahwa kita dalam menghadapi hidup tidak boleh putus asa bagaimanapun caranya kita sbgai siswa harus memperjuangkan apa yg diinginkan nanti atau menemukan jati diri kita yg sebenarnya jika kita ingin hidup bersantai maka kita harus berusaha dan berusaha untuk menuai hidup yg lebih nyaman

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 12:03
    Permalink

    Hidup adalah pilihan …Mantap sekali artikelnya. Hidup memang pilihan, kalau sudah memilih maka harus berani dengan segala resikonya… jadi jangan patah semangat 💪💪💪

    Irma Nur Emilia
    SDN Margorejo 1

    Balas
    • Juli 19, 2019 pada 14:35
      Permalink

      Memang benar hidup adalah pilihan.Jadi sebelum memilih pilihan sebaiknya pilihlah yang benar-benar baik dan tidak membawa keburukan.Dan jika sudah memilih harus siap dan berani untuk resikonya.
      Lusiana Salsabila
      SMPN 5 Surabaya

      Balas
  • Juli 19, 2019 pada 12:34
    Permalink

    Saya sangat setuju bahwa hidup itu adalah pilihan
    Pilihanbyg terbaik utk masa depan anak cucu kita adalah menjadikan anak2 yg berkarakter dan sadar lingkungan

    Balas
    • Juli 19, 2019 pada 13:25
      Permalink

      apakah sudah mendaftar ke nomor 08133648131, untuk mengkonfirmasi nama dan asal sekolah

      Balas
  • Juli 19, 2019 pada 14:38
    Permalink

    Keren banget,buat adik adik sd akan mengerti bahwa betapa pentingnya barang yang sudah tidak bisa dipakai tetapi bisa didaur ulang atau bisa dipakai kembali,contohnya seperti minyak jelantah, kertas dan kardus yang tidak digunakan,dan sampah non organik lainnya.Dengan cara seperti itu sangat membantu sekali buat kebaikan adik adik sd.
    Lusiana Salsabila
    Smpn5 Surabaya
    @Lusians_

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 14:50
    Permalink

    Memang benar hidup adalah pilihan.Jadi sebelum memilih pilihan sebaiknya pilihlah yang benar-benar baik dan tidak membawa keburukan.Dan jika sudah memilih harus siap dan berani untuk resikonya.
    Lusiana Salsabila
    SMPN 5 Surabaya

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 15:19
    Permalink

    Harus berani bertindak mulai sekarang jika ingin masa depan lebih baik dari sebelumnya. Harus berubah

    Viveria Vlafina R
    SMPN 5 Surabaya

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 19:00
    Permalink

    Sangat setuju….
    Hidup adalah pilihan…kita harus berani dg segala resiko atas apa yg sudah kita pilih maju terus pantang mundurrrr

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 19:06
    Permalink

    Julita Puji Safitri (SDN TEMBOK DUKUH)
    BENAR SEKALI, Hidup adalah pilihan, jd pilih lah yang terbaik untuk masa depan kita semua.

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 20:07
    Permalink

    Perkembangan anak jika dipikirkan dari sekarang memanglah lama tetapi ketika kita sudah melewatinya pasti terasa begitu cepat, anak pun harus memahami mana baik dan mana buruk

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *