Jelantah dan Puzzle Kalsa Semarakkan Edukasi LH di SDN Pacar Kembang I

SDN Kaliasin I Surabaya bersama mobil edukasi lingkungan hidup keliling Eco Mobile PJB dan Tunas Hijau menggelar edukasi lingkungan hidup di SDN Pacar Kembang I Surabaya, Jumat (10/5/2019). Media permainan lingkungan hidup berbentuk puzzle karya tim lingkungan hidup SDN Kaliasin I Surabaya dimainkan pada edukasi itu.

Puzzle karya SDN Kaliasin I Surabaya itu bertema “Trees for the Earth” atau pentingnya pepohonan untuk bumi kita. “Permainan puzzle akan membantu anak untuk berlatih menyelesaikan sebuah masalah,” kata Ernie Dwi, guru pembina lingkungan hidup SDN Kaliasin I Surabaya. 

Menurut Ernie, puzzle termasuk jenis permainan teka-teki. “Saat anak bermain puzzle, ia bersama timnya diminta untuk menyusun kembali semua potongan puzzle. Hal tersebut membantu mengembangkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah,” tambah Ernie Dwi saat mendampingi anak-anak SDN Pacar Kembang I Surabaya menyusun puzzle.

Pengumpulan jelantah perdana SDN Pacar Kembang I Surabaya. Tim LH SDN Kaliasin I memberi hadiah bibit tanaman bagi siswa yang mengumpulkan jelantah

Media permainan ular tangga bertema sampah dan air berukuran besar digelar Tunas Hijau pada edukasi lingkungan hidup itu. Melalui permainan ular tangga air dan ular tangga sampah itu, anak-anak diajak mengingat kembali segala hal yang terkait dengannya. Perpustakaan lingkungan hidup keliling Eco Mobile PJB itu juga diserbu anak-anak yang ingin membaca buku lingkungan. 

Aktivis Senior Tunas Hijau Bram Azzaino memandu sesi penyuluhan lingkungan hidup menggunakan mini theatre Eco Mobile PJB itu. Beberapa video mengenai bahaya sampah plastik ditayangkan oleh Bram Azzaino. “Mari kita kurangi penggunaan plastik sekali pakai karena sudah terbukti berbahaya bagi bumi kita. Diantara caranya dengan menolak penggunaan sedotan plastik dan kresek,” kata Bram Azzaino.

Para siswa SDN Pacar Kembang I diajak mengolah sampah organik dan mengurangi sampah plastik

Pada edukasi lingkungan hidup yang berlangsung sekitar 2 jam itu juga dilakukan aksi perdana pengumpulan jelantah oleh warga SDN Pacar Kembang I Surabaya. Setiap siswa yang terlibat mengumpulkan jelantah dari rumahnya mendapatkan hadiah bibit tanaman dari tim Eco Mobile PJB Challenge SDN Kaliasin I Surabaya.

Penulis: Mochamad Zamroni

Satu tanggapan untuk “Jelantah dan Puzzle Kalsa Semarakkan Edukasi LH di SDN Pacar Kembang I

  • Mei 21, 2019 pada 10:47 pm
    Permalink

    Semangat terus dan sukses buat Tim lingkungan hidup SDN Kaliasin 1. Mengedukasi dan mengajak pihak lain untuk peduli lingkungan. Terus berkarya dan jangan pernah puas dengan apa yang sudah kalian raih saat ini.
    Pengumpulan jelantah dimotivasi terus.
    Good Job buat SDN Kaliasin 1 dan SDN Pacar Kembang

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *