KLHK Kampanyekan Bersih Sampah Melalui Animasi

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan kampanye bersih sampah melalui film animasi Pulau Akko. Animasi karya anak negeri untuk mendorong kepedulian masyarakat, khususnya anak-anak, terhadap sampah.

Film animasi Pulau Akko ini diharapkan bisa menemami mereka belajar dan bermain. Dalam setiap episodenya akan diceritakan bagaimana mereka berinteraksi dalam setiap perilaku kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pola hidup bersih sampah.

Edukasi dan kampanye pengurangan sampah bagi anak-anak menjadi salah satu bentuk kampanye yang punya dampak cukup baik. Dampaknya juga jangka panjang karena anak-anak adalah masa depan bangsa. 

Animasi Pulau Akko menampilkan 5 karakter berdasarkan hewan-hewan unik di Indonesia.

“Lewat animasi kartun Pulau Akko, diharapkan memberikan edukasi kepada anak-anak dengan bahasa yang mudah dicerna, mengajarkan bagaimana bahaya sampah plastik dan cara untuk menguranginya,” ucap Dirjen PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rosa Vivien Ratnawati, saat peluncuran di Arboretum Lukito Daryadi Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (10/05/2019).

Segmen kampanye untuk anak-anak digarap serius dan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang sudah akrab dengan kehidupan sehari-hari anak-anak. Animasi Pulau Akko menampilkan 5 karakter berdasarkan hewan-hewan unik di Indonesia.

Karakter hewan-hewan unik itu mempromosikan perilaku bersih sampah Indonesia dengan konsep visual paper folding atau yang bisa disebut dengan Paper Toy, serial animasi dan serial komik yang ditayangkan online media mulai awal Juni 2019.

5 karakter hewan-hewan unik Indonesia itu adalah yaitu ‘Akko’ si lutung jawa, ‘Monang’ harimau sumatera, ‘Atlat’ si tapir, ‘Lola’ si burung kasuari, dan ‘Qiyu’ si yuyu. Serial animasi ini hadir untuk kampanye bersih sampah bagi anak-anak. 

Penulis: Richi Razak

3 tanggapan untuk “KLHK Kampanyekan Bersih Sampah Melalui Animasi

  • Mei 12, 2019 pada 7:29 pm
    Permalink

    Film animasi Pulau Akko.
    Film untuk edukasi hidup sehari hari dengan tanpa sampah.Paling tidak mengurangi sampah. Kampanye bersih sampah melalui film animasi. Ini satu terobosan untuk membekali anak anak untuk bisa mengetahui akan bahayanya sampah.

    Melalui bermain , melihat film animasi bebas sampah pemahaman , pengetahuan akan lebih mudah di terima anak. Karena usia mereka masih dalam taraf bermain. Jadi pas banget
    Menanamkan perilaku positif ( hidup bebas sampah) melalui media film animasi .
    Mengedukasi sejak kecil akan lebih mudah daripada sudah dewasa . Bagaikan melukis di atas batu.

    Balas
    • Mei 15, 2019 pada 3:15 am
      Permalink

      Salam kagem Bu Vivien , Pak Rizal dan Pak Totok 🙏🙏. Dari Margohayu Demak Jateng, untuk Indonesia bebas sampah 2025💪💪💪

      Balas
  • Mei 15, 2019 pada 3:10 am
    Permalink

    Selamat untuk pembuatan film animasi “PULAU AKKO”, Kami tunggu launchingnya.

    PGSI (Persatuan Guru Seluruh Indonesia) saaangat berteeimakasih kepada bu menteri atas pembuatan film “PULAU AKKO”. Hal ini sesuai pesan Rosulullah SAW dalam haditsnya “ANADZOFATU MINAL IIMAN”-Kebersihan itu sebagian dari iman.

    Film ini makin melengkapi upaya para guru dalam mengajak siswa untuk peduli terhadap lingkungan, terutama siswa Paud,TK,MI/SD,MTs/SMP.

    Dengan tokoh hewan juga menanamkan karakter Kasih-Sayang anak terhadap hewan sebagai sesama makhluk.

    Kami tunggu Launching di bulan Juni utk event Hari Lingkungan Hidup….💪💪😊😊👏👏👏 (Noor-PGSI Demak)

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *