Limit Sampah ala SDN Dukuh Menanggal I Surabaya

SDN Dukuh Menanggal I Surabaya mengembangkan program Limit Sampah. Limit Sampah yang dimaksud bukan berarti sampah terbatas. Limit Sampah yang dimaksud adalah kepanjangan dari “lima menit sampah”.

Limit Sampah adalah aksi membersihkan sampah bersama-sama di halaman sekolah selama 5 menit,” kata Widji, guru pembina lingkungan hidup SDN Dukuh Menanggal I Surabaya kepada Tunas Hijau saat pembinaan wirausaha lingkungan hidup Ecopreneur 2019 di sekolah ini, Senin (20/5/2019). 

Widji menjelaskan bahwa Limit Sampah hampir sama dengan aksi Semut, atau sejenak memungut (sampah). “Hanya yang membedakannya, jika semut cuma untuk kalau ada acara atau seminggu sekali. Sedangkan kalau Limit Sampah dilakukan setiap hari. 

Aksi Limit Sampah ini dilakukan oleh tim lingkungan hidup SDN Dukuh Menanggal I Surabaya. Jadi dibagi kelompok-kelompok, untuk ditentukan bagian lokasinya. Ada yang lokasinya di gedung sebelah dan tempat parkir. Ada yang di gedung belakang, di halaman dan di lantai atas. Semua dibagi berdasarkan jumlah tim dan kelas, kelas IV dan V,” terang Widji.

Sementara itu, perusahaan siswa Ecopreneur SDN Dukuh Menanggal I Surabaya telah melaksanakan aksi-aksi challenge 5 Ecopreneur 2019 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya serta didukung oleh Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya. 

Pada 27 Mei 2019 nanti, mereka akan melaksanakan aksi sosial dengan kampung adopsi di Dukuh Menanggal, tidak jauh dari lokasi sekolah. Aksi yang dimaksud adalah bagi-bagi tanaman. Mereka juga akan menjual takjil produk olahan ecopreneur. 

Penulis: Wahyu Juli

Penyunting: Mochamad Zamroni

11 tanggapan untuk “Limit Sampah ala SDN Dukuh Menanggal I Surabaya

  • Mei 21, 2019 pada 10:52 pm
    Permalink

    Melihat Lingkungan bersih sangat menyenangkan. Upaya untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan yang sudah ditetapkan oleh tim lingkungan hidup SDN Dukuh Menanggal I . Meski hanya sejenak jika hal ini dilakukan secara rutin maka hasilnya akan luar biasa. Pembiasaan dimulai dari hal yang sederhana.

    Good Job buat SDN Menanggal I

    Balas
    • Juli 19, 2019 pada 12:07 pm
      Permalink

      Dilingkungan yang bersih dan sehat membuat kita nyaman untuk membuat kegiatan positif disetiap harinya menjaga agar hidup sehat salah satunya membersikan lingkungan dan menjaga nya agar terhindar dari kuman dengan membersihkan lingkungan setiap hari yang melelahkan tetapi memberikan kesehatan

      Balas
  • Juli 18, 2019 pada 7:24 pm
    Permalink

    Mantap! Semoga dengan begini, sampah sampah dapat dengan banyak berkurang di lingkungan sekolah, karena memang Saya melihat hal itu mengganggu sekali. 5 menit per hari sangat cukup untuk menguranginya secara perlahan. Kerja hebat SDN Dukuh Menanggal 1!

    Balas
    • Juli 19, 2019 pada 4:13 pm
      Permalink

      Menurut saya kegiatan ini sangat baik dan membantu.Karena membuang sampah itu perbuatan baik seperti pepatah mengatakan kebersihan sebagian dari iman.
      Lusiana Salsabila
      SMPN 5 Surabaya

      Balas
  • Juli 18, 2019 pada 8:24 pm
    Permalink

    Kegiatan yang sangat positif, kita harus menjaga kebersihan lingkungan kita. Seperti pepatah kebersihan sebagian dari pada iman. Keep strong SDN menanggal I

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 11:30 am
    Permalink

    Nama : Mozza Bryantamada Utomo
    Sekolah :SMPN 16 Surabaya

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 12:07 pm
    Permalink

    Ini salah satu cara meminimalisasi sampah. Semoga dengan begini, sampah sampah dapat dengan banyak berkurang di lingkungan sekolah, karena memang Saya melihat hal itu mengganggu sekali. 5 menit per hari sangat cukup untuk menguranginya secara perlahan. Kerja hebat SDN Dukuh Menanggal 1! Ayo kita contoh dan terapkan di sekolah kita masing2 .

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 1:26 pm
    Permalink

    Pembiasaan yang baik yaitu limit sampah (membersihkan sampah bersama-sama selama lima menit). menjaga kebersihan sekolah adalah tanggung jawab warga sekolah

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 1:27 pm
    Permalink

    Lingkungan yang bersih lebih nyaman untuk belajar, bravo sekolah ku

    Aqilah khairana RR
    SDN dukuh menanggal I

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 1:37 pm
    Permalink

    Saya sangat bangga menjadi siswi diSDN DUKUH MENANGGAL 1 / 424 yang mempunyai salah satu program “Zero Waste” Semoga saya juga bisa menjadi duta lingkungan hidup menggantikan kakak-kakak kelasku. Disamping itu sekolahku juga menjadi asri dan bersih

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 3:43 pm
    Permalink

    Keren banget teman-teman SDN DUKUH MENANGGAL I. Semoga bisa menginspirasi!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *